5 TANDA ORANG BAIK DAN BIJAK

(Adventure Wakaf Quran Pedalaman)

Bandung, penanews.net Jawa Barat-Dalam berbuat baik itu tidak perlu malu, sebarkan kebaikan kepada orang lain, apa yang kamu belajar dan apa yang kamu paham selama ini.

Saat ini umat islam sangat membutuh kan nasehat dari orang lain, Siapa pun yang peduli dengan orang lain dengan urusan agama, maka Allah akan meringankan beban dalam hidupnya, inilah Lima Ciri ciri orang yang bermanfaat.

IMG 20211225 WA0046

1. WAJHU MUMBASYAR (wajah yang senantiasa menggembirakan)

Dia memiliki penampilan diri yang menyenangkan bila dipandang, murah senyum, hangat percakapan, dan kehadirannya senantiasa dirindukan.

2. LISANUN NA’IMAH (tutur bahasa yang indah)

Dia memiliki bahasa yang indah meskipun sederhana, mudah difahami dan tidak membuat orang tersinggung.

3. QOLBUR RAHMAH (hati yang menyenangkan)

Hati adalah cerminan sikap peribadi seseorang. Sikap dan perilakunya memberikan rahmat bagi sekitarnya. Kehadirannya memberi manfaat, kata-kata yang terucap berfaedah buat yang mendengarnya.

4. SHODRUL MUFTIHAH (lapang dada)

Jiwanya terbuka, jujur, berterus-terang, dan bertoleransi. Arif menghadapi suasana gembira dan sedih, bijaksana dalam mengambil keputusan.

5. YADUL MUFTIHAH (tangan yang senantiasa terbuka)

IMG 20211225 WA0047

Dia senang membantu siapa saja, bahkan tanpa perlu dimintapun dia akan peka untuk membantu. Tak perlu berkecil hati jika ada orang yang menganggap mu aktifis komunitas recehan, aktifis medsos, buanglah jauh-jauh rasa malu mu karena banyak orang yang di luar sana masih butuh nasehat saling menasehati dari orang lain.

 

Maka sampai kan lah kebaikan kepada orang lain walau pun diri mu belum sempurna, Semoga kita sentiasa diberikan jiwa dan hati seperti para salafus soleh dan alim ulama, dan setitik tanda penerus para Nabi, Aamiin.

Ref Kitab Sumber : Artikel Daawah Islam

Red/penulis : Al’fakir Gusman

FB IMG 1640404998845

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *