ASTRA INFRA : Nataru Tahun 2023 Dimaknai Sukacita Libur Bersama Orang Terkasih

Subang. penanews.net _ Jawa Barat. Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) dimaknai masyarakat sebagai momentum sukacita berlibur bersama orang terkasih. ASTRA Infra, kelompok usaha ASTRA yang telah berkontribusi di infrastruktur jalan tol sepanjang 396 km, menunjukan kembali komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik selama momen Nataru kepada pengguna jalan tol sekaligus memberi inspirasi ESG (Environmental, Social, and Governance) melalui Kampanye Nataru Asri Berseri.

Pada acara Hybrid Media Gathering yang disiarkan langsung dari Kantor MO Subang Tol Cipali, Group CEO Firman Yosafat Siregar mengatakan bahwa ASTRA Infra telah berhasil menjalani tahun 2022 dengan rasa optimis dan semangat mempercepat pertumbuhan (Accelerating Growth) melalui optimalisasi, inovasi dan strategi penciptaan nilai pada aset yang dimiliki perusahaan. Sedangkan untuk trafik jalan tol ASTRA Infra selama tahun 2022 diprediksi meningkat sekitar 29% dibandingkan tahun 2021.

“Bercermin pada kinerja bisnis Jalan Tol ASTRA Infra di tahun 2022, kami optimis untuk terus memperkuat bisnis dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Yosafat.

Terkait dengan persiapan momen libur Natal dan akhir tahun (Nataru), ASTRA Infra melalui 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Kunciran-Serpong dan Kebon Jeruk-Ulujami telah melakukan persiapan yang menyeluruh untuk melayani pengguna jalan tol.

Pada kesempatan yang sama, Group COO ASTRA Infra Kris Ade Sudiyono menjelaskan, bahwa momen Nataru Asri Berseri 2022, pihak ASTRA Infra telah menyiapkan dukungan teknologi yang memfokuskan pada kemudahan akses informasi untuk publik.

” Kita sudah siapkan Live report di lokasi-lokasi strategis tol ASTRA Infra serta memonitor seluruh area dengan teknologi surveillance selama 24 jam serta team support akan bereaksi berdasarkan pantauan teknologi tersebut,” ucapnya

Selain itu, optimalisasi layanan operasional maupun infrastruktur telah disiapkan untuk mendukung keselamatan berkendara di jalan tol ASTRA Infra.

“Pada Nataru tahun ini, ASTRA Infra telah menyiapkan petugas khusus atau Satuan Tugas (Satgas) Nataru yang berjumlah lebih dari 1.300 (seribu tiga ratus) personil yang telah kick off secara nasional melalui Apel Gelar Pasukan yang dipusatkan di Tol Cikopo-Palimanan,”katanya

Untuk layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan total 35 armada PJR, 48 armada derek, 10 kendaraan rescue dan 20 Ambulance

“ASTRA Infra juga memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik dan dilengkapi dengan infrastruktur dan keamanan seperti Speed Reducer, Variable Message Sign (VMS), lampu strobe, WIM (Weigh-in-motion), LiDAR (Light Detection Ranging) hingga ANPRR (Auto Numbering Plat Recognition). dan telah dilaksanakan penambahan 95 titik Analytics Camera sehingga sebanyak total 756 Closed-Circuit Television (CCTV) tersedia di jalan tol ASTRA Infra,” Paparnya

Tak hanya itu, untuk meningkatkan pelayanan pengguna jalan dalam merencanakan perjalanan Nataru yang aman dan nyaman, ASTRA Infra mengembangkan inovasi teknologi aplikasi mobile INFO TOL ASTRA INFRA.

” Aplikasi ini memberikan akses real time CCTV kepada publik yang ingin mengetahui kondisi trafik terkini di ruas tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto. Selain itu, ASTRA Infra secara aktif juga akan memberikan informasi tentang kondisi jalan tol melalui live report di akun instagram media sosial BUJT,” ungkapnya

Lebih lanjut Kris Ade Sudiyono, juga mengatakan, menyambut Nataru, Inovasi ramah lingkungan terus kami lakukan demi kenyamanan pengguna jalan juga untuk mewujudkan infrastruktur berkelanjutan.

“Mulai dari inovasi digitalisasi seperti penerapan Digital Struk yang sudah tersedia bagi pengguna jalan tol Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan dan Jombang-Mojokerto, inovasi solar cell yang memanfaatkan energi baru terbarukan hingga rejuvinasi di sejumlah rest area,” katanya

ASTRA Infra bersama seluruh bisnis unit akan terus menjalankan inisiatif ESG demi terwujudnya keberlanjutan dan masa depan yang lebih baik.

“Peningkatan pelayanan kami selaras dengan nilai-nilai ESG yang manfaatnya tidak hanya akan kita rasakan dalam waktu dekat namun berkelanjutan hingga masa mendatang. Beberapa di antaranya adalah digitalisasi dan rejuvinasi rest area” ujar Kris.

“Kami berharap masyarakat dapat turut serta mendukung ikhtiar kami ini dengan bijak memanfaatkan layanan-layanan tersebut,” imbuhnya.

ASTRA Infra juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang telah terpasang. Batas kecepatan maksimal di dalam tol 100 km/jam dan batas kecepatan minimum 60 km/jam.

“Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama saat kondisi hujan dengan batas kecepatan maksimal 70 km/jam. Periksa kendaraan sebelum digunakan, jaga tubuh tetap fit dan tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara,” ujarnya

IMG 20221213 WA0044

Tak hanya itu, Kris juga meminta kepada pengguna jalan agar beritirahat di rest area jika lelah berkemudi, demi menghindari hal-hal yang tak kita inginkan bersama.

“Beristirahat dan menikmati pemandangan serta kuliner di Rest Area dengan tetap menjaga kebersihan dan keindahannya. Mengurangi penggunaan plastik dan membuang sampah sesuai jenisnya di tempat sampah yang telah disediakan merupakan langkah sederhana untuk ikut melestarikan lingkungan. Mari gunakan momentum ini untuk mewujudkan Nataru yang Asri dan Berseri,” ujarnya.

 

 

Indri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *