BBPKK Bandung Barat Gelar TKM

Bandung. penanews.net _ Jawa Barat. Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja (BBPKK) Bandung Barat kembali menggelar kegiatan pembekalan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Lanjutan Tahun 2022. Pembekalan TKM Lanjutan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan TKM Lanjutan yang telah dua tahun berturut-turut menjadi program Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja.

Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja (BBPKK) merupakan unit Pelaksana Teknis Kementerian Ketenagakerjaan yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan penciptaan tenaga kerja mandiri lanjutan (Pasal 24 Permennaker No. 1 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Kementerian Ketenagakerjaan).

Dalam pelaksanaaan tugas penciptaan tenaga kerja mandiri lanjutan tersebut, BBPKK membagi kegiatan TKM Lanjutan menjadi beberapa rangkaian seperti seleksi, pembekalan, pendampingan, dan pemberian bantuan dana usaha. Pembekalan merupakan tahapan yang penting dalam rangkaian kegiatan TKM Lanjutan itu.

Pada tahun 2022, kegiatan pembekalan dilaksanakan mulai pertengahan Agustus 2022 dan direncanakan akan berakhir pada pertengahan Oktober tahun 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh hampir 2000 peserta yang dibagi dalam sembilan angkatan dengan jumlah peserta setiap angkatan sebanyak sekitar 220 orang.

Peserta yang dapat mengikuti pembekalan adalah mereka yang telah mengikuti seluruh tahap seleksi dan dinyatakan lolos ke tahap pembekalan. Peserta pembekalan kemudian diundang untuk mengikuti pembekalan kewirausahaan.

Kegiatan pembekalan TKM Lanjutan bertujuan untuk membekali para peserta mengenai berbagai ilmu dan pengetahuan kewirausahaan dengan harapan peserta dapat memahami bisnis secara menyeluruh sehingga peserta dapat menjadi tenaga kerja mandiri yang dapat bertahan dan berkembang tanpa bergantung pada pihak lain, bahkan dapat membuka peluang kerja bagi lingkungan sekitarnya, sehingga tujuan besar mengurangi pengangguran dapat tercapai.

Dalam rangka mencapai tujuan besar tersebut, BBPKK berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, termasuk dengan menyelenggarakan pembekalan TKM yang berkualitas. Hal tersebut diupayakan mulai dari penyajian materi pilihan, hingga pemilihan pengajar atau narasumber yang mumpuni.

Materi pembekalan yang disajikan merupakan materi pilihan yang didiskusikan dengan narasumber berpengalaman sehingga diperoleh materi yang dianggap paling dibutuhkan oleh peserta TKM Lanjutan. Materi yang dihadirkan meliputi Ide Bisnis dan Pengembangan Produk, Literasi Keuangan dan Pengelolaan Usaha, Pemasaran, serta Business Model Canvas dan Action Plan.

Metode yang digunakannya pun bukan hanya penyampaian berupa ceramah, tetapi juga bermain peran, diskusi kelompok, serta mengisi lembar kerja dan mempresentasikannya.

Kegiatan belajar-mengajar juga dibuat seinteraktif mungkin sehingga peserta dapat terlibat banyak dalam sesi pembekalan. Seluruh materi tersebut disampaikan oleh pengajar yang kompeten di bidangnya yakni dari Weekend Workshop.

IMG 20220923 WA0138

Selain itu, peserta juga difasilitasi untuk mencoba langsung aplikasi pencatatan keuangan untuk UKM yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI) yang langsung dipandu oleh tim pengajar dari Bank Indonesia.

Lebih dari itu, peserta juga diberi kesempatan bertemu langsung dengan pengusaha yang telah lebih dahulu sukses di bidangnya. Hal tersebut dilakukan agar peserta dapat termotivasi untuk terus mengembangkan usahanya dan turut menjadi pengusaha sukses di masa yang akan datang.

 

Laela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *