Danramil 0611-1110/Garut, Menjadi Inspektur Upacara di SMK Al Ghifari Banyuresmi

Jurnalis : Beni

Garut. penanews.net _ Jawa Barat. Sekolah Al Ghifari Kecamatan Banyuresmi melaksanakan upacara bendera yang bertindak sebagai inspektur upacara Danramil 1110/Banyuresmi Kodim 0611/Garut Kapten Chb Untung Wahyudi. Senin, 06 Pebruari 2023.

Pada kesempatan tersebut Danramil 1110/Banyuresmi memberikan arahan kepada Siswa-siswi sekolah tentang Perkenalan singkat Danramil 1110/Banyuresmi.

Selain perkenalan diri, Danramil Banyuresmi menjelaskan tentang Bela negara adalah kewajiban bagi setiap warga negara. Dalam hal ini bagi pelajar

“Bentuk kesadaran bela negara bagi pelajar, Bela negara adalah tanggung jawab dan kewajiban seluruh masyarakat. Semua lapisan masyarakat apapun profesinya harus mau membela negara agar keutuhan negara tetap terjaga dengan baik. Namun, setiap masyarakat bisa memiliki cara bela negara yang berbeda-beda”

Bentuk kesadaran bela negara bagi pelajar akan berbeda dengan yang lain, enam bentuk kesadaran Bela Negara bagi Pelajar, Bela negara sendiri adalah wujud dari sebuah sikap membela, menjaga dan juga memelihara negara sebagaimana yang sudah tercantum dalam UUD 1945.

Pelajar sebagai generasi mudah harus ikut serta membela negara dengan caranya, enam bentuk kesadaran bela negara bagi pelajar; mengikuti serta mempelajari pendidikan kewarganegaraan pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang harus kamu ikuti.

Mata pelajaran ini tidak hanya dipelajari di bangku sekolah saja melainkan saat kuliah juga ada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan dari mata pelajaran ini adalah untuk membentuk warga negara yang cerdas, demokratis dan juga berakhlak mulia.

Mengikuti dan mempelajari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu contoh bentuk bela negara. Bela negara dengan cara ini cukup mudah sehingga tidak ada alasan untuk malas mengikutinya.

Rajin belajar tidak hanya tugas seorang pelajar saja, melainkan juga salah satu bentuk bela negara. Alasannya karena dengan rajin belajar, maka kamu dan pelajar Indonesia lainnya akan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas sehingga kedepannya bisa memimpin Indonesia. Selain itu, rajin belajar juga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Menaati Semua Tata Tertib di Sekolah
Setiap sekolah pasti memiliki tata tertib yang harus ditaati oleh semua siswanya. Masing-masing sekolah bisa saja memiliki tata tertib yang berbeda. Sebagai pelajar kamu harus mentaati semua tata tertib di sekolah. Diberlakukannya tata tertib tidak hanya mendisiplinkan tetapi juga salah satu contoh bela pelajar bagi pelajar.

Terbiasa mentaati tata tertib di sekolah akan memberikan dampak positif ketika hidup di masyarakat. Kebiasaan seperti ini akan membuat kamu menjadi patuh dan taat kepada hukum yang berlaku dan tidak melanggarnya.

Rajin dan selalu khidmat saat ikut upacara. Upacara yang selalu kamu ikuti ternyata bisa menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotisme. Selain itu, khidmat saat mengikutinya juga berarti kamu menghargai serta menghormati para pahlawan yang gugur saat berjuang meraih kemerdekaan Indonesia.

Sebagai sesama manusia kita harus selalu menghargai orang lain, terutama menghargai guru. Guru merupakan orang tua saat berada di sekolah sehingga keberadaannya harus dihargai dan hormati. Guru tidak hanya memberimu ilmu dan pengetahuan baru, tetapi juga membantu membimbing menjadi orang berkualitas dan berakhlaq baik.

IMG 20230206 WA0069

Berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial. Biasanya sekolah akan mengadakan kegiatan sosial ketika ada bencana alam dan lainnya. Kegiatan sosial sangat bermanfaat karena membantu orang lain yang sedang terkena musibah. Cara ini bisa membantu meringankan beban mereka. Kegiatan sosial yang diikuti juga mengajarimu tentang empati dan rasa syukur. Tandasnya

Selain bela negara Danramil Banyuresmi menekankan juga tentang bahayanya LGBT, lanjut Danramil kepada para siswa siswi harus bisa berpedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila yang harus kita pegang teguh, Ungkap Danramil.

Kegiatan upacara dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah SMK Al Ghifari, Babinsa Koramil 1110/Banyuresmi, Guru, Siswa dan Siswi SD, SMP dan SMK Al Ghifari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *