Dengan Persiapan Matang Oleh Satgas Citarum Harum Sektor 8, Jambore Pentahelix Sukses Digelar

Kabupaten Bandung. penanews.net _ Jawa Barat. Jerih payah dan perjuangan Satgas Citarum Harum Sektor 8 dalam mempersiapkan perhelatan akbar Jambore Pentahelix ditebus dengan kesuksesan, kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Icon Sektor 8, Kampung Dara Ulin, Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 2500 orang dari berbagai element, baik dari Pemerintahan, TNI, Kepolisian, Akademisi, media serta masyarakat kampung Dara Ulin dan sekitarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Deputi Pengelolaan sampah dan Limbah Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarvest, Rofi Al Hanif , Gubernur Jawa Barat diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Siska Gerpianti, Pangdam III Siliwangi diwakili Irdam III Siliwangi Brigjend TNI Dadang Abdurahman, Kapolda Jabar diwakili Danden Gegana Satbrimob Polda Jabar, Kompol Muhammad Syahrul, Ketua Harian Satgas PPK DAS Citarum, Mayjend TNI (Purn) Dedi Kusnadi Tamim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Dr Prima Mayaningtyas, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusuma beserta jajaran Dansektor Satgas Citarum Harum.

Dalam kegiatan Jambore Pentahelix kali ini, turut diramaikan juga oleh para pelaku UMKM dan produk unggulan ramah lingkungan diantaranya Bios 44 , Magot yang dibuka Satgas Citarum Harum sektor 21 dan Eco Enzyme, serta Sembako Murah.

Serda Maryono, Kodim 24 Soreang-Koramil 2402 Cicalengka memaparkan, Bios 44 bisa digunakan segala jenis tanaman, perikanan, peternakan dan pertanian.

“Bios 44 lebih hemat dibanding pupuk kimia, bios 44 dalam bentuk serbuk nantinya akan dipermentasikan dengan campuran air bersih sebanyak 500 liter air bersih di campur dengan gula merah yang telah di liurkan sebanyak 5 kilo ditutup rapat didalam torn selama 14 hari, baru bisa digunakan,” ujarnya, Selasa (6/12/2022).

Masih katanya, bahan-bahan bios ini sebenarnya terbuat dari bahan makanan yang sering kita konsumsi seperti kornet, pectin, Yakult, ragi, susu murni baru biang bios.

“Untuk para petani silahkan manfaatkan Bios 44 untuk kebutuhan pertanian, karena dia lebih hemat di banding pupuk kimia,” ajaknya.

Diujung acara Jambore Pentahelix, Dansektor 8 Satgas Citarum Harum, Kol Arm Nursamsudin membagikan hadiah lomba content YouTube yang telah diselenggarakan Satgas Citarum Harum Sektor 8 Beberapa bulan lalu.

Hadiah yang berupa serifikat, Website gratis selama 1 tahun dan uang tunai masing-masing, Juara 1 sebesar Rp 3 juta, Juara 2 sebesar Rp2 juta dan juara 3 sebesar 1 juta rupiah dibagikan dengan sukacita.

Bukan hanya itu, dalam mendukung dan meningkatkan kwalitas ekonomi UMKM di wilayah sektor 8 , serta mengedukasi UMKM ditengah kemajuan technology saat ini, Satgas Citarum Harum Sektor 8 juga tidak tanggung-tanggung membagikan 40 website gratis selama 1 Tahun.

Dansektor 8 Satgas Citarum Harum, Kolonel ARM Nursamsudin mengungkapkan, selamat bagi para pemenang lomba content YouTube yang diberikan. Adapun lomba tersebut mengangkat tema ‚ÄúCitarum Harum Sukses, Citarum Milik Kita”.

“Kemenangan kalian saat ini harus dilanjutkan ke kehidupan nyata. Kalian harus menjadi duta Citarum Harum melalui content yang dibuat. Citarum Milik Kita, sungai kebanggan warga Jawa Barat, dengan segala kemampuan dan kapasitas yang kita miliki, mari sama-sama menjaganya,” ucapnya.

Kegiatan Lomba Content YouTube ini diselenggarakan guna membangkitkan kepedulian dan peran serta masyarakat bawah dalam menjaga Sungai Citarum dari pencemaran melalui kreatifitas dan kemajuan teknologi.

“Alhamdulillah, animo masyarakat ini sangat tinggi, bahkan ada peserta dari luar Jawa Barat yang ikut partipasi, namun dengan ketat panitia melakukan seleksi hingga terpilihlah 3 orang juara dengan kategori juara 1 dengan Channel Bere Nyaho dengan judul “Si Harum Di Citarum Harum” – Sketsa Komedi Sunda || Jangan Nyampah Titik.

Sedangkan, juara kedua dengan channel Kampung Musik Nanjung dengan judul “Citarum Harum, Sungai Lokal Yang Menghipnotis Dunia”. Dan, juara ketiga diraih channel penajournalis dengan judul “Kades Nanjung Apresiasi Kinerja CH Sektor 8, #Citarum Harum Sukses, Citarum Harum Milik Kita.

“Bukan hanya lomba content YouTube, kami juga memberikan 40 website gratis selama 1 tahun dengan ekstensi my.id serta kapasitas hosting dengan disk space sebesar 10 GB, Apply Google Analytic dan Google Search Console dengan Tools yang mumpuni didalamnya. Pokoknya sangat powerfull sekali,” jelasnya.

Lebih lanjut katanya, kepada para UMKM diwilayah Daraulin dan sekitarnya, jika sengaja bikin ke web developer minimal harus merogok kocek Rp 4.500.000 dengan biaya perpanjangan tahunan sebesar Rp. 1.650.000.

“Namun, kali ini kami berikan gratis dan hanya membayar sebesar Rp. 350.000 pada tahun kedua dan seterusnya,” ujar Dansektor 8.

Sebagai informasi, apa sih website?. Website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun melalui internet. Element website terdiri dari nama domain, hosting, template, plugin dan tools-tools pendukung lainnya.

“Website bisa menjadi sarana berpromosi bagi para UMKM untuk meningkatkan penjualan dan branding produknya, para penerima website gratis ini tidak perlu khawatir dalam menggunakannya, nanti kami akan memberikan training dan pelatihan terkait tatacara. Bukan hanya itu, kami juga akan memberikan fasilitas WhatsApp Marketing, user bisa memanfaatkannya untuk melakukan kampanye massal dan promosi ke banyak nomor sekaligus, bisa membuat auto reply atau Bot sebagai pengganti costumer service dan lain-lain. Namun, syarat penggunaan WhatsApp Marketing ini harus di akses melalui PC maupun laptop,” terangnya.

IMG 20221207 WA0075

Dansektor menegaskan, bukan hanya untuk promosi jualan saja, WhatsApp Marketing ini bisa digunakan juga untuk menyebarkan informasi massal, makanya bagi masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan ke sungai Citarum, hati-hati jika ketahuan oleh pemilik WhatsApp Marketing ini, siapkan muka tebal untuk menanggung malu dan akan diberikan sanksi oleh Satgas Citarum Harum.

“Kami berharap ke depan, ekosistem alam dan ekonomi masyarakat di wilayah Sektor 8 Satgas Citarum Harum bisa meningkat,” imbuhnya.

 

 

Laela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *