Dermawan VS Kikir

 

penanews.net  _Bandung, Jawa Barat- Pesan Rasulullah SAW kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib KW:
“Carilah kebaikan dari orang-orang yang belas kasihan di antara umatku, niscaya kalian dapat hidup di bawah naungan mereka.

Janganlah kalian mencari kebaikan dari orang-orang yang hatinya keras, karena sesungguhnya laknat akan turun menimpa mereka. Hai Ali, sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan kebaikan, dan Dia pun menciptakan pula pemiliknya, lalu Allah membuat kebaikan itu menyukai mereka, dan Dia pun membuat mereka suka melakukannya, serta Dia mengarahkan kepada mereka orang-orang yang mencarinya, sebagaimana Dia mengarahkan air ke tanah yang kering untuk menghidupkan penghuninya.

FB IMG 1622977231486

Sesungguhnya ahli kebaikan di dunia itu mereka pun menjadi ahli kebaikan pula di akhirat.” (HR. Imam Hakim melalui riwayat Sayyidina Ali KW)

Maksudnya, jika kita hendak meminta pertolongan atau bantuan, maka mintalah kepada orang-orang yang mempunyai sifat penyayang, niscaya akan mendapat uluran tangan mereka.

Janganlah meminta kepada orang-orang yang keras hatinya dan pelit, karena mereka itu hakikatnya dikutuk dan dijauhkan dari rahmat Allah.

Di tengah masyarakat itu pasti ada orang yang berhati dermawan dan ada pula yang kikir. Orang yang berhati dermawan itu, tidak harus dari kalangan orang kaya, walaupun tentunya banyak orang kaya yang berjika dermawan.

Demikian juga sifat pelit nan kikir itu tidak harus dari kalangan orang miskin, karena beralasan tidak mempunyai harta yang bisa disumbangkan.

Namun tidak jarang keberadaan orang miskin yang dermawan dan sangat peduli kepada orang lain, hingga ia selalu berusaha membantu pihak lain walaupun masih harus bersusah payah untuk memikirkan kepentingan dirinya sendiri.

Penulis : KH Lutfi Bashori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *