Desa Ciseeng Kembangkan Digitalisasi Database Administrasi Kependudukan

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Di era digitalisasi saat ini, dibutuhkan sistem administrasi yang mampu mengolah data secara cepat dan akurat. Menyikapi hal tersebut, Kepala Desa (Kades) Ciseeng Rahmat Bukhari Muslim, membuat sebuah terobosan hebat dengan melakukan digitalisasi desa, terutama pada pengolahan data penduduk.

Kades Ciseeng menjelaskan, selama ini, masih sering terjadi kendala di dalam pengolahan data – data kependudukan di Kantor Desa Ciseeng karena pencatatan data administrasi kependudukan warga dengan menggunakan Microsoft Excel.

“Hal ini seringkali menimbulkan dampak ketidak absahan serta ketidak cocokan data pada saat dilakukan pencarian data dan pengambilan keputusan. Demikian pula hal nya dengan penyediaan data real time, misalnya data warga yang meninggal, melahirkan, vaksin, penerima bantuan dan sebagainya,” ungkap Kades Ciseeng Rahmat Bukhori Muslim, Selasa (1/11/2022).

Ia menambahkan, aplikasi digital itu dibuat oleh Tim PkM Universitas YARSI dosen dan mahasiswa yang diketuai oleh Drs. Heri Yugaswara, MT. bekerjasama dengan pemerintahan Desa Ciseeng sebagai wujud dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu tepatnya bidang Pengabdian kepada Masyarakat. D

Dalam pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tersebut, lanjut RBM sapaan akrabnya, Tim PKM Universitas Yarsi telah berhasil mengembangkan aplikasi berbasis website tentang pengolahan database untuk digunakan membantu Kades dalam mengambil keputusan seperti siapa yang belum dapat bansos dan lain sebagainya.

IMG 20221101 WA0019

“Program ini sangat membantu dalam mewujudkan pemerintahan desa menuju digitalisasi desa terutama Desa Ciseeng,” pungkasnya.

 

Indri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *