Dosen Dan Mahasiswa Teknik Mesin Unpam Gelar PKM Di SMK Iptek Tangsel

Tangerang. penanews.net _ Banten. Mengambil materi tena “pelatihan Peran Penting Sistem Mutu laboratorium di SMK Dalam menjaring Lulusan Yang Kompeten”, dosen serta mahasiswa dari fakultas teknik Unpam (Universitas Pamulang) melaksanakan giat Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Iptek, Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan oleh para dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unpam, yang dikemas dalam bentuk pelatihan. Giat pengabdian disambut antusias oleh para peserta didik dan dihadiri pula ole Nining, SPd Wakil kepala sekolah bidang Humas SMK IPTEK.

Saat memberikan sambutan, Nining menyampaikan terima kasih kepada para dosen dan mahasiswa yang berinisiatif melaksanakan kegiatan pengabdian itu guna membimbing dan membina para peserta didik dalam meningkatkan pengetahuan tentang sistem mutu laboratorium.

“Diharapkan, mereka dapat memahami SOP/prosedur penggunaan laboratorium tanpa staf atau teknisi laboratorium. Sehingga dapat mengurangi kerusakan alat-alat lab dan kerapihan penempatan alat-alat lab tersebut,” ujar Nining.

Sebagai informasi, giat PKM merupakan wujud sumbangsih dari dosen serta mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang pada masyarakat dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.

Ir. Ahsonul Anam, MT, ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa giat PKM dilaksanakan guna adanya implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh/dihasilkan di kampus agar bermanfaat bagi masyarakat.

Ia berharap pasca kegiatan, para peserta didik SMK memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang sistem mutu secara umum yang dapat dijadikan sebagai kompetensi dalam rangka meningkatkan mutu lulusan SMK.

Dalam kegiatan PKM kali ini, Anam bersama dua dosen lain, yaitu Wawan Budiarto, S.Si., M.Si dan Dr, Gadang Priyotomo, M.T memilih topik pentingnya sistem mutu laboratorium karena saat ini masih banyak laboratorium yang belum terakreditasi.

Di PKM ini, Anam menyampaikan materi mengenai pelatihan manajemen sistem mutu laboratorium dengan memberikan pelatihan pengukuran teknik, sesuai dengan salah satu jurusan yaitu teknik sepeda motor.

SMK Iptek Tangsel didirikan tanggal 27 Agustus 2013 berdasarkan surat izin Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan nomor 421/2062.1-sekret/2013. Saat ini memiliki 4 jurusan/kompetensi keahlian, yaitu Teknik Sepeda Motor (TSM), Akuntansi (AK), Akomodasi Perhotelan (APh), Multimedia (MM).

Kegiatan PKM dengan topik Pelatihan Pengukuran Teknik Bagi Siswa SMK Iptek Tangerang Selatan, dilaksanakan dalam 2 sesi, yakni penyampaian materi pengetahuan tentang pengukuran teknik, dan sesi praktek melakukan pengukuran terhadap beberapa obyek/benda-benda teknik.

IMG 20221221 WA0102

Materi PKM tentang teori pengukuran teknik yang disiapkan oleh ketua PKM Budi Kaliwanto, anggota Bambang Herlambang dan Deden Rosid Waltam, dipaparkan oleh Wawan Budiarto, dibantu oleh tiga orang mahasiswa.

Kegiatan PKM diakhiri dengan sesi foto bersama. Pihak SMK Iptek berharap giat tersebut bisa terus dilakukan di masa datang dan terus ditingkatkan, sehingga pemahaman siswa tentang pengukuran teknik bisa ditingkatkan.

 

 

Boim / Fahry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *