DPMD Kabupaten Bogor Gelar Bimtek SIP Untuk Para Kader Posyandu di Lima Desa

Jurnalis : Boim


penanews.net _ Bogor, Jawa Barat. Sistem Informasi Posyandu (SIP) adalah tatanan dari berbagai komponen kegiatan Posyandu yang menghasilkan data dan informasi tentang pelayanan terhadap proses tumbuh kembang anak dan pelayanan kesehatan dasar ibu dan anak yang meliputi cakupan program, pencapaian program, kontinuitas penimbangan, hasil penimbangan dan partisipasi masyarakat.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD) Kabupaten Bogor di antaranya , Achmad Munawar dan Aji, selaku Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Menggelar Bimbingan atau pelatihan Sistem Informasi Posyandu (SIP), di Telaga Pelangi Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Senin, (22/3/21).

Baca Juga : penanews.net_dua-hari-lagi-kompetisi-bogor-leaders-talk-2021-mulai-digelar

Bimtek atau Pelatihan Sistem Informasi Posyandu (SIP), di ikuti para kader Posyandu dan Operator Desa Mekarsari, Kertajaya, Tamansari, Sukasari dan Sukamulya. Dan di hadiri Suparman (Sekcam), dan juga Para Ibu Kepala Desa.

IMG20210322104336
Suasana pada saat pelaksanaan pelatihan Sistem Informasi Posyandu (SIP) Online

Suparman (Sekcam) dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya Pelatihan SIP ini di harapkan kepada para kader posyandu dan operator Desa agar memahami bagai mana cara-cara menginput data-data kesehatan anak usia di bahwa lima tahu, catatan kelahiran bayi atau kematian bayi, catatan ibu hamil atau kematian hamil. “Ucapnya

Baca Juga : penanews.net_kepala-bnn-ri-berikan-pendekatan-khusus-kepada-perempuan-dan-anak

“Selanjutnya, manfaat dari Pelatihan Sistem Informasi Posyandu (SIP) online, Sebagai dasar acuan bagi Kader Posyandu dan Operator untuk memahami permasalahan sehingga dapat mengembangkan kegiatan yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan sasaran. Dan juga sebagai informasi yang tepat guna dan tepat waktu mengenai pengelolaan Posyandu, agar berbagai pihak yang berperan dalam pengelolaan Posyandu dapat menggunakannya untuk membina Posyandu demi kepentingan masyarakat. “Pungkas Suparman Sekertaris Kecamatan Rumpin.

Baca Juga : penanews.net_hut-ppni-ke-47-ppni-rscm-dan-dompet-dhuafa-berikan-penyuluhan-untuk-pasien-rumah-singgah

Di tempat yang sama Achmad Munawar selaku Pemberdayaan Masyarakat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyampaikan, Kegiatan Posyandu merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat. “Nah pada hari ini kita dari DPMD melakukan pelatihan Sistem Informasi Posyandu berbasis online, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Para Keder Posyandu dalam menggunakan aplikasi teknologi informasi, guna meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. “Ucapnya

IMG20210322095448
Para Kader di Lima Desa Kec. Rumpin

Metode yang di gunakan saat ini adalah pelatihan implementasi sistem informasi posyandu berbasis web dan Android. Aktivis atau tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para kader dan operator, dan nanti kedepanya bilamana para kader dan operator sudah memahami, maka tentu saja hal ini akan memudah dalam mengakses data kelahiran atau kematian bayi, ibu hamil dan yang lainnya.

Baca Juga : penanews.net_,dua-pelajar-sman-1-parung-lolos-seleksi-paskibra-ke-tingkat-kabupaten-wakili-kecamatan

Komitmen kami (DPMD) akan terus mengembangkan sistem ini secara berkelanjutan sangat dibutuhkan seiring dengan semakin bertambahnya kebutuhan informasi kesehatan ibu hamil, anak di bawah usia 5 (lima tahun) dan keluarga dari waktu ke waktu. Secara umum Sistem Informasi Posyandu membantu para Kader dalam menyimpan data dan membuat laporan kesehatan ibu dan anak. “Sebagai contoh bilamana kita (DPMD) membutuhkan data-data mengenai kesehatan atau kinerja setiap posyandu cukup tinggal klik web SIP. “Tandas Achmad Munawar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *