Dua Dekade LKC Dompet Dhuafa Gelorakan Untuk Indonesia Sehat

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Berawal dari upaya untuk penyediaan layanan kesehatan secara adil bagi seluruh kalangan masyarakat di Indonesia, pada tahun 2001 Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa hadir dengan konsep pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat tidak mampu.

LKC DD diresmikan langsung oleh Hamzah Haz Wakil Presiden saat itu Hamzah Haz, LKC mampu menjadi harapan bagi tersedianya fasilitas kesehatan yang sulit dijangkau dan minim sumberdaya, terutama akses serta jaminan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat dhuafa.

Dua dekade berkiprah mengabdi untuk negeri, LKC Dompet Dhuafa terus berperan aktif dalam kegiatan global, yaitu Sustainable Development Goals (SDG’s) yang bertujuan masyarakat yang bebas kelaparan, terjamin kesehatan dan kesejahteraan, ada kesetaraan gender dan tersedianya air bersih serta sanitasi.

“Telah 20 tahun LKC Dompet Dhuafa berkiprah khususnya di daerah-daerah 3T (Terpencil, Terluar, dan Tertinggal) untuk berkontribusi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Dompet Dhuafa melalui LKC ingin hadir untuk mendukung Indonesia agar bisa meningkatkan kesejahteraan pada tahun 2045 yang kita sebut sebagai Indonesia EmasEmas.” jelas Hendri Saparini selaku Bendahara Yayasan Dompet Dhuafa saat pembukaan acara tersebut secara daring pada (Rabu, 24/11).

Sampai saat ini, program LKC Dompet Dhuafa tersebar di 12 provinsi dari barat sampai ke timur Indonesia, mulai dari Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Kegiatan milad ini berlangsung di Kantor Pusat LKC Dompet Dhuafa dibilangan Ciputat, Tangerang Selatan. Giat ini menjadi semangat untuk terus menebar manfaat dengan dukungan kemitraan berbagai pihak, menguatkan upaya menyehatkan dan tetap berkiprah untuk Indonesia. Senantiasa selalu amanah dan terdepan dalam pelayanan serta pemberdayaan kaum dhuafa.

“Syukur alhamdulillah LKC dompet Dhuafa sudah genap 20 tahun pada hari ini, atas dukungan banyak pihak kami dapat terus memberi layanan khususnya kesehatan kepada masyarakat dhuafa. Sejatinya LKC lahir atas inisiasi Dompet Dhuafa untuk melayani masyarakat Indonesia agar lebih sehat.” ucap drg. Martina Tirta Sari selaku Direktur LKC Dompet Dhuafa saat membuka acara.

Mengundang berbagai stakeholder dan seluruh cabang dari berbagai wilayah secara hibrid, milad kali ini diharapkan menjadi tonggak kemajuan bagi LKC Dompet Dhuafa agar semakin inovatif melalui gerakan kepedulian dan penanggulangan masalah kesehatan, berkolaborasi bersama para mitra untuk mewujudkan Indonesia sehat.

“Di era digital ini, value transformation bentukan Dompet Dhuafa terus menjadi influence bagi seluruh masyarakat Indonesia. Teman-teman volunteer, relawan, stakeholder yang terlibat terus menjaga komitmen bahwa semua yang dilakukan adalah misi kemanusiaan yang lintas batas, agama, wilayah dan daerah. Kemanusiaan menjadi suatu misi yang kita usung bersama Untuk Indonesia Sehat.” ungkap Ahmad Shonhaji Direktur Budaya, Dakwah dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa.

Tidak hanya seremonial, dalam giat puncak milad LKC Dompet Dhuafa juga dilakukan penyerahan secara langsung bantuan kaki palsu dan alat bantu bagi penyandang disabilitas anak. Kemudian, diakhir acara LKC Dompet Dhuafa melaunching Stasiun Mini Pengisian Oksigen untuk masyarakat, mengingat beberapa waktu lalu kebutuhan akan oksigen melonjak tajam selama pandemi Covid-19.

 

Pewarta : Boim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *