FKG Universitas Yarsi Kunjungi Puluhan Sekolah Lakukan Praktek UKS Dan UKGS

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Sekitar 30 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayah Kecamatan Ciseeng, dikunjungi oleh tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Yarsi Jakarta.

Kunjungan tim FKG Universitas Yarsi ini dilakukan guna melaksanakan praktek Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Usaha Kegiatan Gigi Sekolah (UKGS) setelah sehari sebelumnya dilakukan pelatihan kepada para guru dari sekolah – sekolah tersebut.

“Dalam kunjungan ini, tim kami bersama para guru mengajak dan membimbing para siswa dan siswi dalam kegiatan sikat gigi bersama dengan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Tim FKG juga melakukan pemeriksaan plak dengan disclosing solution,” ungkap Dr. drg. Helwiya Umniyati MPH, ketua tim kegitana dari Universitas Yarsi, Selasa (21/12/2021).

Ia berharap, adanya kegiatan praktek tentang UKS dan UKGS ini dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan karena para guru sudah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tentang kesehatan gigi dan mulut.

Pada saat pelatihan kemarin, lanjutnya, separuh lebih dari sekolah menyatakan belum pernah melakukan kegiatan UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah). Helwiya Umniyati juga mengungkapkan bahwa pada pelatihan ToT kemarin, guru – guru selain dibekali dengan pengetahuan UKS dan UKGS, mereka juga mendapatkan pelatihan untuk mengetahui apakah cara sikat gigi yamg dilakukan sudah baik dan benar dengan bantuan cairan pewarna gigi atau disclosing solution.

IMG 20211221 WA0128

“Kami berharap kegiatan praktek ini dapat menambah pengetahuan para pelajar SD atau MI, terutama dalam soal perawatan gigi.” pungkasnya.

Dalam kegiatan pendampingan praktek UKS dan UKGS di puluhan sekolah ini, tim FKG Universitas Yarsi menerjunkan para dosen pengajar yaitu, Dr. Drg. Helwiah Umniyati MPH, selaku Ketua Tim Rombongan, Drg. Agus Ardinansyah, MPd.Ked, Drg. Moch Atmaji, M.Sc, Drg. Alongsyah, Sp.RKG, Drg. Isni Yusnita, Drg. Emeraldita, Drg. Chayfal Ridho dan dibantu oleh mahasiswa Profesi dan Sarjana FKG YARSI.

 

Pewarta : Boim / Fahry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *