Guru SD/MI Kecamatan Ciseeng Dapat Pelatihan PHBS Terkait UKS Dan UKGS Dari FKG Universitas Yarsi

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Yarsi Jakarta, bekerja sama dengan Puskesmas dan Pemcam Ciseeng menggelar kegiatan pelatihan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) bagi para guru Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari Kecamatan Ciseeng.

Kegiatan bertajuk Training Of Trainer PHBS Di Sekolah Pada Guru SD dan MI Kecamatan Ciseeng ini, mengangkat tema “Guru Sebagai Motor Pendidikan Kesehatan Siswa Melalui Kegiatan UKS dan UKGS”, berlangsung di Saung Resto Hotel Pendopo 45, Jalan Raya Kemang.

Giat pembukaan pelatihan ini dihadiri Agus Sopiyan, Sekcam Ciseeng, drg. Maria dari Puskesmas Ciseeng serta Ketua Penyelenggara Giat Pelatihan dari FKG Universitas Yarsi, Dr. drg. Helwiya Umniyati M.PH. Pantauan media ini, puluhan orang guru SD/MI peserta kegiatan tampak sangat antusias dan serius dalam mengikuti berbagai sesi kegiatan dalam acara pelatihan tersebut.

“Pelatihan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama UKS dan UKGS bagi para guru SD dan MI ini diselenggarakan sebagai bagian tugas dan tanggung jawab kami dari Perguruan Tinggi dalam melakukan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Dr. drg. Helwiya Umniyati, M. PH kepada media ini, Senin (20/12/2021).

Ia menjelaskan, UKS dan UKGS adalah program pendidikan yang sudah puluhan tahun dilakukan oleh lembaga sekolah khususnya di tingkat pendidikan dasar. Namun, saat ini program UKS dan UKGS terasa kurang mendapatkan perhatian. Hal ini, lanjutnya, menjadi tanggung jawab dari semua pihak untuk kembali memperbaiki dan meningkatkan nya.

“Kami mendapatkan dukungan dari Dikti Kemendikbud untuk melakukan giat ini. Karena program PHBS, UKS dan UKGS adalah suatu kebutuhan mendasar demi terbentuknya generasi penerus bangsa yang tumbuh secara sehat dan menjadi pribadi berkualitas.” bebernya.

Dalam giat pelatihan ini, ada empat (4) narasumber yang menyampaikan materi pelatihan yaitu Dr. drg. Helwiya Umniyati M.PH yang memaparkan terkait program UKS dan UKGS. Lalu ada pemateri kedua yaitu Yayu Mukarromah S. Sos, dari perwakilan Unicef Indonesia yang memaparkan materi terkait Manajemen Kesehatan dan Kebersihan Menstruasi.

Materi ketiga dalam kegiatan tersebut disampaikan oleh drg. Agus Ardiansyah Mpd.Ked. yang memaparkan materi tentang Kesehatan Gigi dan Mulut. Dalam paparan materi kedua dan ketiga, para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan sesi tanya jawab.

Selanjutnya, sesi akhir kegiatan pelatihan bagi para guru SD/MI ini dilakukan sesi praktikum “Pengaplikasian Disclosing Agent”, dimana seluruh peserta pelatihan dibagi ke dalam tiga kelompok. Giat ini dipandu oleh dua narasunber yaitu drg. Mochammad Atmaji Windianto M.Si dan drg. Agus Ardiansyah Mpd.Ked.

IMG 20211220 WA0077
~ Ket. Foto : H. Agus Sopian, Sekcam Kecamatan Ciseeng. Bogor.

” Kegiatan ini sangat bagus bagi kami, karena banyak materi yang berguna terkait penerapan PHBS, UKS dan UKGS di sekolah, baik untuk siswa, guru dN masyarakat di lingkungan sekolah.” ujar Nosan Setiawan, guru SDN Cibentang 02 yang menjadi salah seorang peserta dalam kegiatan pelatihan tersebut.

 

Pewarta : Boim / Fahry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *