Hujan Deras Dari Hari Kamis Hingga Jum’at Mengakibatkan Ratusan Rumah Kebanjiran

Subang. penanews.net _ Jawa Barat. Hujan deras disertai petir yang mengguyur wilayah Kabupaten Subang, khususnya Kecamatan Pabuaran, yang terjadi sejak Kamis (1/12/2022) sore hingga Jumat siang (2/12/2022), telah membuat sejumlah sungai meluap, hingga membanjiri ratusan pemukiman penduduk di 3 desa yakni Salamjaya, Siluman, dan Pabuaran.

Banjir yang merendam ratusan rumah penduduk tersebut, rata-rata ketinggian air mencapai 60 cm, hingga membuat ratusan kepala keluarga memilih mengungsi ke tempat pengungsian yang tak terendam banjir seperti Masjid, Mushola dan Sekolahan.

Menurut keterangan warga Pabuaran, Ratnawati mengaku banjir tersebut mulai merendam pemukiman warga sejak Jumat (2/12/2022) pagi, setelah hujan dari kemarin hingga siang ini terus mengguyur hampir di seluruh wilayah Kabupaten Subang

” Banjir ini mulai merendam sejak pagi sesaat setelah hujan yang mengguyur cukup deras di wilayah itu. Hingga membuat sejumlah sungai meluap seperti hujan Sungai Ciawisan, Sungai Ciderwak, Sungai Citamiang dan Sungai Cilamaya,”Kata Ratnawati, Jumat(2/12/2022)

Akibat luapan ke empat sungai tersebut langsung merendam tiga desa, yakni Desa Pabuaran, Desa Siluman dan Desa Salamjaya. Karena lokasi ketiga desa itu sangat dekat dengan aliran dari keempat sungai tersebut.
“Banjir cukup parah, sebelumnya tidak pernah seperti ini. Kami pun sekeluarga mengungsi di mushola,” ungkapnya

Sementara itu, Camat Pabuaran, Ubi Kurtubi mengatakan, akibat banjir tersebut, ada 650 rumah terendam di 3 desa.

” Kami sudah mendata ada 650 rumah warga terendam banjir, dengan ketinggian bervariasi dari 50 sentimeter hingga 1 meter,” ujar Camat Pabuaran, Ubi Kurtubi

Akibat banjir tersebut, Kata Camat, puluhan KK terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

“Akibat rumahnya terendam banjir, puluhan Kepala Keluarga terpaksa mengungsi ke beberapa Masjid dan mushola,” ucapnya

Selain ratusan rumah terendam banjir, ada juga puluhan hektar lahan sawah dan tambak ikan milik warga yang terhempas oleh banjir.

” Kerugian terbesar akibat banjir ini ada pada pemilik tambak ikan yang terhempas banjir. Kerugian mungkin mencapai miliaran rupiah akibat tambak ikan terhempas banjir tersebut,” tandasnya

IMG 20221202 WA0095

Hingga Jumat sore, banjir masih merendam ratusan pemukiman penduduk di 3 desa di wilayah Kecamatan Pabuaran. Hujan pun masih terus mengguyur hampir di seluruh wilayah Kabupaten Subang.

Terpantau juga beberapa warga yang rumahnya terendam banjir, berusaha menyelamatkan barang-barang untuk menghindari kerusakan, seperti peralatan elektronik dan dokumen penting.

 

 

Indri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *