Kabag Ops Polres Subang Bersama DKM Gelar Jum’at Curhat di Mesjid Al-Barokah Sukajaya Sukamelang

Jurnalis : Indri

Subang. penanews.net _ Jawa Barat. Polres Subang beserta jajarannya terus melaksanakan kegiatan Jumat Curhat. Para pejabat utama Polres Subang dibagi untuk memimpin kegiatan berbagai wilayah.

Salah satunya yang dilaksanakan di Mesjid Al Barokah Rt.50 Rw.13 Kampung Sukajaya Kelurahan Sukamelang Kec/Kabupaten Subang, dipimpin oleh Kabag Polres Subang Kompol Ricky Adipratama S.H., S.I.K., M.M., bersama Pengurus DKM serta Jamaah Mesjid Al Barokah. Jum’at (13/1/2023).

Dalam kegiatan tersebut hadir Kabagops Polres Subang Kompol Ricky Adipratama S.H., S.I.K., M.M., Kasubagbinops Bagops Polres Subang AKP Endang Suganda, Kanit 1 Sat Intelkam Polres Subang Iptu Dwi Mujianto, ST, Kanit Provos SI Propam Polres Subang Ipda Irat Sumirat, Ketua DKM Mesjid Al Barokah sdr. H. Nana, para Pengurus DKM serta Jamaah Mesjid Al Barokah dengan jumlah yang hadir +/- 20 orang.

Kabag Ops Polres Subang dalam sambutannya mengatakan kegiatan Jum’at Curhat ini merupakan program Kapolri yang ditindaklanjuti hingga tingkat polda, polres dan polsek. Tujuannya menjalin komunikasi dan menerima informasi kamtibmas dari masyarakat.

“Terima kasih kepada ketua DKM, pengurus DKM serta jamaah Mesjid Al Barokah perkenalkan kami dari Polres Subang dan mohon maaf kami telah mengganggu waktunya.
Kami hadir di Mesjid ini ingin bersilaturahmi sekaligus sebagai ajang Jumat curhat yang menjadi agenda dari Polres Subang dan dilaksanakan secara keliling dan dilaksanakan serentak dengan tujuan untuk bisa lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Kami selalu berupaya untuk menjaga kamtibmas di wilayah hukum Kab. Subang yang cukup luas ini dan masyarakatnya cukup heterogen dengan berbagai macam pekerjaan, suku dan agama
Kami ingin mengajak seluruh yang hadir disini untuk bersinergi bersama pihak Polri untuk bisa membantu menjaga kamtibmas dilingkungannya masing-masing.

Kami selalu melaksanakan patroli ke seluruh wilayah di Kab. Subang tetapi dengan wilayah Kab. Subang yang cukup luas kami mohon bantuan dari semua yang hadir disini misal ada keluhan atau yang bisa kami bantu mohon disampaikan.
Misal dimesjid ada sesuatu hal yang tidak diinginkan misal terjadi pencurian atau tindak pidana segera laporkan kepada kami dan sebagai langkah antisipasi kami sarankan untuk bisa dipasang CCTV agar lebih mudah dalam memantau dan menjaga lingkungannya.

Bilamana Bhabinkamtibmas dilingkungan Kp. Sukajaya dianggap kurang aktif silakan laporkan tapi mudah-mudahan Bhabinkamtibmasnya aktif.
Terkait curhat adanya anak muda yang bergadang hingga malam mengganggu lingkungan terlebih bila minum miras silakan bisa ditindak tetapi kami sarankan untuk berikan arahan terlebih dahulu oleh lingkungannya.
Toko miras sudah banyak yang kami tindak dan akan terus kami razia terlebih bila ada laporan dari masyarakat.

Terkait banyaknya pendatang yang mengontrak rumah atau kost dilingkungan Kp. Sukajaya perlu dilakukan pendekatan terlebih dahulu dan perlu diketahui asal usulnya untuk mengantisipasi tindak kejahatan.
-mkami juga memiliki nomor Pengaduan Polres Subang 08113110110 atau call centre 110 dan sudah kami upload juga melalui medsos.
Siskamling perlu terus ditingkatkan dan kita saling bantu dengan peran serta masyarakat semua.

Terkait kegiatan Patroli dikarenakan keterbatasan personil sehingga patroli hanya dilaksanakan di jalan besar tidak masuk gank tetapi ini sebagai bahan masukan bagi kami agar patroli bisa masuk ke jalan gank atau jalan kecil dilingkungan masyarakat.
Terkait rumah kontrakan dan kostan kami akan upayakan dilakukan pendataan untuk antispasi adanya tindak kejahatan yang dilakukan oleh penghuni kontrakan dan kostan yang tidak jelas asal usulnya,”.

Dalam kegiatan tersebut juga di sampaikan oleh Ketua DKM Mesjid Al Barokah, terima kasih untuk Polres Subang sudah bersedia hadir bersilaturahmi dan memberikan himbauan kamtibmas serta memberikan solusi kepada kami.

“ Alhmdulilah untuk Bhabinkamtibmas dilingkungan kami sudah sangat aktif dan banyak membantu kami. Kami ingin curhat memohon penjelasan pihak Polri bahwa dilingkungan kami masih banyak anak-anak muda yang bergadang dan cukup mengganggu saat malam hari apakah bisa ditindak secara pidana atau bagaimana,” .

Selain itu lingkungan kami juga banyak sekali rumah kontrakan dan kostan yang banyak penghuninya bekerja malam notabene kerja di tempat hiburan malam dan siangnya istirahat tidak bersosialisasi sehingga tidak kami kenal dan kami khawatir akan berimbas terhadap lingkungan kami.

“ Kami mohon agar ada pendataan dari Polres Subang terhadap para penghuni Kontrakan dan kostan dan memberikan himbauan kepada pemilik rumah kontrakan dan kostan agar lebih selektif serta mendata calon penghuninya,”.

Pengurus DKM Mesjid Al Barokah meyampaikan permohonan maaf, sebelumnya tapi saya ingin curhat menyampaikan keluhan untuk patroli baik dari Polres maupun Polsek sudah sangat jarang dan kemarin ada pencurian motor tetapi karena mesinnya mati sehingga motor tersebut ditinggalkan oleh pelaku tetapi kami kesulitan untuk melapor.

IMG 20230113 WA0161

“ Kami akan bersinergi dengan Polres Subang dengan terus meningkatkan kegiatan Siskamling dilingkungan kami dan akan segera memberikan informasi bila mana ada sesuatu hal yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas khususnya dilingkungan kami,”.

Kegiatan Jumat Curhat selesai pukul 13.00 wib selama kegiatan berlangsung situasi berjalan aman dan kondusif.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *