Khutbah Iblis Pada Hari Kiamat

Bandung, penanews.net Jawa Barat- Pada hari kiamat iblis akan menyampaikan khutbahnya di hadapan penghuni neraka, sebuah khutbah yang menyentuh hati yang akan membuat mereka semakin bersedih dan sangat menyesal karena mereka mengikuti perintah iblis yang ternyata menyesatkan.

Al-Hasan Al Basri Rahimahullah berkata:

إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ ، قَامَ إِبْلِيْسُ خَطِيْبًا عَلَى مِنْبَرٍ مِنْ نَارٍ ، فَقَالَ: إِنَّ اللهَ وَعَدَكُمْ وَعْدَ الْحَقِّ وَوَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ

“ Tatkala hari kiamat, iblis berdiri diatas sebuah mimbar kemudian berkhutbah seraya berkata, “ “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya “. (Tafsir At-Thobari 16/563).

Al-Haafizh Ibnu Katsir Rahimahullah berkata:

يُخْبِرُ تَعَالَى عَمَّا خَطَبَ بِهِ إِبْلِيْسُ أَتْبَاعَهُ، بَعْدَمَا قَضَى اللهُ بَيْنَ عِبَادَهُ، فَأدخل المؤمنين الجنات، وأسكن الكافرين الدركات، فقام فيهم إبليس -لعنه الله -حينئذ خطيبا ليزيدهم حزنا إلى حزنهم (4) وغَبنا إلى غبْنهم، وحسرة إلى حسرتهم

“ Allah mengabarkan tentang khutbah yang disampaikan oleh iblis kepada para pengikutnya, yaitu setelah Allah memutuskan / menghisab para hambaNya, kemudian Allah memasukkan kaum mukminin ke surga, dan Allah menempatkan orang-orang kafir ke dalam neraka jahannam. Maka iblis tatkala itu berdiri dan berkhutbah kepada para pengikutnya agar semakin menambah kesedihan mereka, kerugian diatas kerugian, serta penyesalan diatas penyesalan ”. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Adziim 4/489).

Zaman sekarang butuh kejelian dalam memilih teman dan kelompok, karena bisa jadi anda adalah target untuk jadi korban sebuah kelompok atau grup, baik dunia nyata maupun dunia maya.

Carilah kelompok yang bisa meningkatkan keimanan, jangan sampai malah sebaliknya.

Jangan mudah terkecoh dan kagum atas tulisan dan kecerdasan orang lain yg belum anda kenal, banyak sekali koruptor, penipu dan penjahat itu bertitel tinggi dan pandai dalam berbicara. Karena senjata mereka adalah kata kata.

Iblis itu hafal hadits dan Alquran, jadi waspadalah

Sumber :  Islam Diares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *