Ku Rindu Perpustakaan Dunia

Karya :Marra Narayan

Aroma dari tumpukan kertas tebal berpadu dengan wewangian kayu lembab menyambut hidung siapapun yang berani mendekatinya. Terutupi oleh pasukan debu, merekapun berteriak “Tolong kami, bacalah kami, jangan biarkan kami berakhir dalam pembakaran makhluk panas membara, kalaupun memang kehadiran kami mengganggumu, antarkanlah kami ke tempat yang mau menerima”.

Mereka pasti senang apabila di sini terdapat banyak perpustakaan. Mereka dapat dirawat dengan tenang, digunakan sebagaimana mestinya, tidak lagi bersedih dalam lautan abu putih. Besar kecil bukanlah masalah, tidak harus mewah dan dilapisi emas, jikalau ada satu saja di setiap pojokan jalan yang kulewati kurasa itu akan cukup.

Sendirian di dalam ruangan ditemani musik dan suara hujan, hanyut dan tenggelam oleh kumpulan kata dan kalimat yang tertulis. Suasana yang tenang, jauh dari kerumunan orang berlalu lalang, membawa pulang menyelesaikan apa yang belum terbayang. Kembali lagi ke masa dahulu tanpa adanya seorang teman.

Apa kabar wahai dirimu tempat yang biasa kukunjungi setiap bel istirahat berbunyi? Apakah dirimu beserta semua penghunimu masih terawat dan bahagia? Ataukah mereka membiarkan dirimu kembali bersedih dan mengabaikanmu begitu saja? Kepada para penghuni yang telah gugur termakan waktu, maafkanlah diriku yang tidak berada di sisimu di saat kau membutuhkanku dan kepada yang masih bertahan, kuharap dirimu menemukan seseorang yang lebih baik dan menyelamatkanmu dari tempat itu.

IMG 20210214 WA0083

Marra Narayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *