Mahasiswa KKN UTM Ciptakan Alat Cuci Tangan Otomatis

PN- Bangkalan. Jawa Timur. Sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) kelompok 111 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ciptakan satu set alat cucj tangan otomatis yang diletakkan di Masjid Desa Pacangan Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur.Minggu (17/72021).

Mahasiswa KKN kelompok 111, Sholehuddin mengaku prihatin dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 yang ada di Kabupaten Bangkalan, Jumlah orang yang terkena Covid-19 terus meningkat setiap harinya, Jika tidak ada pencegahan maka dikhawatirkan virus tersebut akan semakin mengganas.

IMG 20210722 WA0105

Oleh karena itu, Sholehuddin selaku Mahasiswa KKN Kelompok 111 bersama seluruh anggota kelompok berinisiatif membantu Desa Pacangan dalam pencegahan Covid-19 dengan memberikan sarana dan prasarana (Sarpras) satu set Alat Cuci Tangan Otomatis (Non kontak).

“Perangkat ini dilengkapi oleh sensor ultrasonic yang berfungsi saat tangan didekatkan ke wastafel, alat tersebut akan langsung mengalirkan air secara otomatis, sehingga masyarakat tidak perlu menyentuh kran air, Setiap masyarakat yang hendak melaksanakan Sholat wajib mencuci tangan terlebih dahulu,”ungkapnya.

Menurut Tim KKN Kelompok 111 itu, alat ini sangat penting, karena masyarakat yang akan datang ke Masjid sangat beragam.

“Rawan sekali jika masyarakat yang akan berkunjung ke Masjid mencuci tangan dengan cara harus memutar kran air di wastafel terlebih dahulu, Bisa jadi ada kuman, virus, atau bakteri yang menempel pada kran air di wastafel tersebut,”imbuhnya.

Alat cuci tangan otomatis yang dibuat oleh KKN Kelompok 111 ini bekerja dengan memancarkan sinyal ultrasonic ke arah depan wastafel, Jika terdapat halangan yang jaraknya sudah diperhitungkan oleh alat tersebut, maka alat cuci tangan otomatis itu akan mengalirkan air.

Kepala Desa Pacangan, Ruadullah mengucapkan rasa terima kasih kepada KKN kelompok 111 atas bantuan satu set alat cuci tangan otomatis ( Non kontak ) itu.

“Semoga bantuan ini dapat berguna, bermanfaat, dan membantu pencegahan Covid-19, Sekaligus menjadi amal jariyah KKN UTM. pungkasnya.

 

Pewarta : Wie/ Bin/ MZL

Editor : Red05_

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *