Makam Tengku Sayýid Atau Mbh Sabrang

Pewarta: Daniel/ Red05

Kab. Semarang penanews.netJawa Tengah. Bumi Jawa khususnya Jawa Tengah banyak terdapat makam Waliyullah baik yang sudah terkenal maupun yang kurang difahami oleh masyarakat luas.

Seperti makam Tengku Sayyid Abdul Jabar Al- Yamani Rohimatulloh yang Lahir di Samudra Pasai 1756H, Wafat di Jatirunggo- Semarang Jumat Wage 1 Maulud 1252H/ 17 Juni 1836 H. Pada usia 80 Tahun  Tengku Sayyid tutup usianya.

Mbh Rohib yang sering mengunjungi sendang tersebut di bawah makam mbh Sayyid menuturkan sendang tersebut banyak karomahnya, ada juga yang pernah, setelah mandi punya ilmu kebal senjata tajam, akan tetapi semua tergantung niat dan permintaan masing- masing setiap peziarah, ucapnya.

Masih dalam penuturanya tempat religi tersebut banyak juga berdatangan dari luar daerah maupun pengunjung daerah setempat, dan tidak sedikit juga banyak masyarakat luas yang kurang memahami bahwa di tempat tersebut ada makam Wali yang dari sejarah warga setempat, makam tersebut dulunya tergerus air sungai di seberang utara dan sekarang pindah sendiri di seberang selatan sungai kembar desa Jatirunggo Kebon Agung Pringapus Kab. Semarang Jawa Tengah, Senin (6/2).

IMG 20230206 WA0034
Caption; mbh Rohib dengan tim penanews.net di warung makan dok istimewa foto daniel

Untuk perpindahan makam mbh Sayyid itu sendiri tanpa ada yang mengetahuinya dengan sendirinya makam tersebut berpindah tempat, dan sebelunya berpindah maupun bergeser lama juga makam itu menggantung di udara dan tidak menempel di atas bumi, ucap mbh Rohib yang beralamat watu gajah Ringin Putih RT 3 RW 6 Bergas Kab. Semarang Jawa Tengah.

Untuk para pencinta benda bertuah maupun bersejarah bisa langsung kealamat tersebut, mengingat kita orang Jawa jangan sekali meninggalkan sejarah, karena sejarahlah yang menuntun kita kuat dari penjajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *