Maksimalkan Capaian Program Panca Karsa, Pemcam Rumpin Terus Akselerasi Berbagai Program Penbangunan

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Sejak awal era kepemimpinan Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, diluncurkan satu program kerja bernama Panca Karsa. Duet kepemimpinan keduanya fokus merencanakan dan merealisasikan lima program kerja tersebut.

Sebagai informasi, program Pancakarsa merupakan lima keinginan atau cita-cita untuk pembangunan dan pertumbuhan Kabupaten Bogor selama lima tahun, di antaranya Bogor Membangun, Bogot Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Maju dan Bogor Berkeadaban. Pranca Karsa ini menyasar semua aspek baik bidang fisik, sosial dan lainnya, termasuk di bidang pembinaan moral maupun spiritual.

Salah satu kegiatan untuk pembinaan dan penguatan moral spiritual, Pemkab Bogor rutin menggelar kegiatan MTQ mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Kabupaten. Dalam MTQ tingkat Kabupaten Bogor 2021, Kecamatan Rumpin Juara 2 Tilawah Remaja. Selain itu, Pemcam Rumpin rutin menggelar pengajian bulanan bersama MUI tingkat kecamatan.

Terkait capaian itu, Camat Rumpin Ade Zulfahmi menjelaskan dalam giat MTQ Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu, pengurus LPTQ tingkat kecamatan telah sepakat untuk memberdayakan potensi warga lokal, walau dari panitia tingkat Kabupaten membolehkan mengambil peserta dari luar wilayah kecamatan.

“Hasilnya Ahamdulillah ada. Salah satu cabang Rumpin bisa meraih juara ke 2. Sedangkan pelaksanaan MTQ di tingkat Kecamatan Rumpin diselenggarakan secara sederhana dengan menerapkan prokes ketat dan meniadakan pawai takruf. Giat tersebut adalah untuk mendukung Karsa Bogor Berkeadaban.” ucap Ade Zulfahmi, Kamis (30/12/2021).

Sementara Sekcam Rumpin Suparman menambahkan, selain terus melakukan program pembangunan memtal spiritual, Kecamatan Rumpin juga melakukan pembangunan bidang infrastruktur baik jalan betonisasi, jembatan rawayan di 2 desa yaitu di Desa Leuwibatu dan Desa Sukasari serta membangun gedung baru kantor kecamatan. Pembangunan kantor baru itu berikut pula ada pembangunan gedung pendukung diantaranya Musola, gedung Aula pertemuan sekaligus bisa dijadika tempat olah raga di dalamnya.

“Di bidang keagamaan sesuai dengan Panca Karsa terutama Karsa Bogor Berkeadaban kami terus ikuti berbagai lomba MQK dan MTQ . Kami juga rutin mengadakan pengajian bulanan bersama MUI dan mengadakan pengajian rutin mingguan untuk para karyawan bekerja sama dengan KUA. Adapula penyaluran hibah dari Bupati Bogor berupa semen 290 sak ke pondok pesantren yang ada di Kecamatan Rumpin.” tukas Suparman.

 

Pewarta : Boim / Fahry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *