Manfaat Dan Keutamaan Di Bulan Dzulhijjah

Jurnalis : Boim

penanews.net _ ulan Dzulhijjah adalah bulan yang sangat penting bagi umat Islam, karena pada bulan ini terdapat salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam sejagad yaitu ibadah haji. Selain itu, terdapat juga ibadah sunnah yang sangat dianjurkan di Bulan Dzulhijjah bagi seluruh umat Islam yaitu berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Dzulhijjah. Bulan Dzulhijjah disebut bulan haji karena pada bulan ini banyak umat Islam datang ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji.

Sebagai sebuah bulan yang sangat keutamaannya, tentu saja ada beberapa keutamaan yang terkandung dalam bulan Dzulhijjah, diantaranya adalah:

1. Bulan Pengampunan

Allah SWT memberikan kesempatan kepada manusia untuk memperbaiki diri dan memperbanyak amalan di bulan Dzulhijjah. Segala amalan baik yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya dan sepenuhnya akan diterima oleh Allah SWT. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada hari yang amal shalihnya lebih dicintai oleh Allah dari hari ini (di malam dan siang hari 9 atau 10 Dzulhijjah).” (HR. Bukhari)

2. Bulan Berkah

Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang penuh berkah. Segala amalan yang dilakukan di bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya. Dalam surat Al-Fajr, ayat 2-4, Allah SWT berfirman, “Demi sepuluh malam (terakhir) ! Dan demi malam yang ganjil! Dan demi malam terakhir!”

3. Bulan Kesucian

Bulan Dzulhijjah adalah bulan suci karena di dalamnya terdapat ibadah haji. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu dan memiliki kemampuan pergi ke Mekah. Selain itu, pada bulan ini juga terdapat sunnah puasa pada tanggal 9 dan 10 Dzulhijjah.

4. Bulan Keberkahan

Bulan Dzulhijjah selalu diawali dengan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban. Hari tersebut merupakan hari yang sangat dihormati oleh umat Islam di seluruh dunia. Selain itu, pada bulan ini terdapat banyak amalan ibadah yang dapat dilakukan, seperti ibadah umrah, puasa sunnah, dan lain-lain. Seluruh amalan tersebut akan mendatangkan keberkahan dalam hidup manusia.

Di samping keutamaan bulan Dzulhijjah, terdapat juga beberapa hadist lengkap yang berkaitan dengan bulan ini, diantaranya:

1. Dari Ibnu Abbas, katanya, Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah seorang muslim membuat korban seekor hewan kurban, melainkan di dekat hatinya kelak akan menjadi lebih baik dan lebih tulus ikhlas.” (HR. Ahmad).

2. Dari Ummu Salamah RA, katanya, “Rasulullah saw bersabda, ‘Barangsiapa puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, maka dia meninggalkan segala dosa yang sudah diperbuat dan dosa yang masih akan diperbuat.'” (HR. Muslim)

3. Dari Ibnu Umar RA, katanya, “Rasulullah saw bersabda, ‘Tidak ada amal yang lebih utama pada hari raya kurban dari pada menyembelih hewan kurban dalam rangka mengharap keridhaan Allah SWT.'” (HR. Ahmad).

Demikianlah keutamaan bulan Dzulhijjah beserta dengan hadist lengkap menurut agama Islam. Sebagai seorang muslim kita harus memperbanyak amalan baik di bulan Dzulhijjah dan juga menjalankan seluruh rukun Islam dengan sepenuh hati serta ikhlas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *