MENUNGGU VONIS MATI H.H. TERDAKWA PEMBANTAIAN LETKOL PURN. M. MUBIN (MANTAN DANDIM)

Memet Hakim

Bandung penanews.net Jawa Barat- di P.N. BALE ENDAH KAB. BANDUNG menuntut HENRY HERNANDO (H.H.) sah dan meyakinkan BERSALAH TELAH DENGAN SENGAJA MENGHILANGKAN NYAWA ORANG LAIN dan MEMINTA KEPADA MAJELIS HAKIM agar MENYATAKAN TERDAKWA BERSALAH dan DIJATUHI PIDANA MATI.
Itulah klimaks dalam proses Penyelidikan dan Penyidikan atas H.H. yang didakwa telah membunuh seseorang pekerja sebagai Pengemudi Toko Mebel di Lembang bernama Muhammad Mubin yang sebenarnyalah dia ternyata adalah seorang Purnawirawan TNI AD dengan pangkat terahir Letnan Kolonel dan pernah mendapat tugas sebagai Komandan KODIM di Kabupaten Tarakan di Kalimantan Barat.

FB IMG 1676629630048

Proses pemeriksaan sampai penyidikan perkara ini sebenarnyalah dinilai cukup rumit. Pemeriksaan Pertama di tingkat POLSEK LEMBANG H.H. sebagai Tersangka dituduh melanggar Pasal 351 KUHP yang isinya telah melakukan Penganiayaan (tanpa keterangan “yang mengakibatkan korban meninggal dunia”). Ketika pemeriksaan dari tingkat POLSEK ini disampaikan sebagai “laporan” ke tingkat POLRES Lembang/KBB dan kemudian “dilimpahkan” ke MAPOLDA JABAR, Laporan termaksud masih sesuai dengan laporan awalnya.

Pada laporan Polsek terlihat ada upaya meringankan terdakwa, baru ditingkat Polda ada perubahan setelah PPAD dan Purnawirawan turun tangan. Terlepas dari itu semua pihak penyidik di kepolisian masih tidak merasa bahwa yg dibunuh oleh pengusaha non pri ini adalah purnawirawan, keluarga TNI Polri. Sikap mental upaya melindungi non pri inilah yg sangat disesalkan. Bahkan orangtua HH Ir. Sutikno Sutrisno yang saat pembantaian ada bersama terdakwa, belum tersentuh sedikitpun.

Bandung, Ferbruari 2023
Memet Hamdhan
Pemerhati Hukum
Alumni Unpad

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *