Meski Masih Fakultatif, Dinpora Demak Bahas Seleksi Paskibra 2021

PNDemak Jawa Tengah.  Rapat Koordinasi Persiapan Seleksi Paskibra Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2021, digelar di Aula Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak, pada Kamis kemarin (10/6/2021) pukul 09.00. Rapat koordinasi mengundang Komandan Kodim 0716 Demak, Kepala Kantor Kemenag Kab. Demak, Kepala UPT Dikbud Wilayah II Drmak, Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA Kab. Demak, Ketua MKKS SMK Kab. Demak, dan Ketua KKM (Kelompok Kerja Madrasah) MA Kab. Demak.

Menurut keterangan Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan, Drs. Joko Sari, dikarenakan pada waktu yang bersamaan, sebagian undangan sedang ada kepentingan tugas yang tidak bisa ditinggalkan di kedinasannya masing-masing, beberapa undangan mengutus perwakilannya untuk hadir di acara tersebut.

Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan, dalam pengantar rapat menjelaskan bahwa mengingat masa pandemi saat ini, Dinpora Kabupaten Demak ingin curah gagasan (diskusi) dengan para undangan tentang teknis pelaksanaan seleksi calon paskibra tingkat Kabupaten Demak, sehingga nantinya ketemu formula seleksi yang tepat untuk menjaring target peserta yang berasal dari SMA/SMK/MA.

“Hal ini mengingat surat resmi dari Privinsi sifatnya masih ‘fakultatif.’ Artinya, pihak provinsi sendiri masih perlu memastikan skenario, ada atau tidaknya pelaksanaan upacara 17 Agustus masih menunggu perkembangan situasi. Yang penting, kita paskibra yang di tingkat kabupaten menyiapkannya dulu,” jelasnya.

IMG 20210613 WA0068

Joko juga menambahkan, pada tahun-tahun sebelumnya, untuk seleksi paskibra tingkat kabupaten, biasanya ditangani langsung oleh Kesbangpol, namun untuk tahun ini, pelaksanaannya diserahkan pada Dinpora.

Sementara, Plt. Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak, Muh. Ridhodin, SH., MH, dalam sambutannya menyampaikan harapan, semoga pada rapat ini ketemu solusi, karena situasi berbeda dengan tahun sebelumnya, tentu butuh teknik penyeleksian yang berbeda pula.

“Kami mohon dukungan dari para ketua MKKS SMA/SMK dan KKM MA untuk menyiapkan anak-anak paskibra sesuai yang kami butuhkan,” ungkap Muh. Ridhodin.

Diskusi  pagi itu menghasilkan kesepakatan, bahwa jika nanti dilaksanakan upacara 17 Agustus secara langsung, maka untuk jaga-jaga memenuhi kebutuhan pelaksanaannya, Dinpora bersama Kodim 0716 Demak akan melakukan ‘klustering’ seleksi guna mendapatkan personil paskibra yang dibutuhkan.

IMG 20210613 WA0069

Adapun jadwal kluster seleksinya, menurut Joko Sari, dimulai tanggal 21 – 25 Juni 2021, sebagai berikut: 21 Juni 2021, seleksi untuk kecamatan Mranggen dan Karangawen, bertempat di SMAN 1 Mranggen.  22 Juni 2021, seleksi kecamatan Sayung, Guntur, Karangtengah,bertempat di SMAN 1 Karangtengah. 23 Juni 2021, seleksi kecamatan Dempet, Kebonagung, Wonosalam, Gajah, bertempat di SMAN 1 Dempet.  24 Juni 2021, seleksi kecamatan Mijen, Karanganyar, Wedung, dan Bonang, bertempat di SMAN 1 Mijen. Dan, 25 Juni 2021, seleksi kecamatan Demak Kota, bertempat di SMAN 3 Demak.

“Setiap peserta seleksi akan mengikuti Tes Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) dari BPIP,” pungkas Joko sebelum menutup rapat hari itu.

 

Pewarta : Supriyono / DSR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *