Muspika Rumpin Launching Relawan Destana

Penulis : Boim


penanews.net _ Bogor, Jawa Barat. Muspika Kecamatan Rumpin Kukuhkan dan Launching Relawan Destana (Desa Tangguh Bencana), di Desa Mekarsari pada hari Sabtu, (13/3/21)

Kecamatan Rumpin termasuk daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana cukup tinggi, Muspika Kecamatan Rumpin terus melakukan upaya pengurangan resiko bencana. Salah satunya ialah membentuk Desa Tanggung Bencana (Destana).

https://penanews.net/berita/10633/disdik-kabupaten-bogor-beberkan-payung-hukum-tentang-uji-coba-ptm-terbatas/

Muspika Kecamatan Rumpin menunjuk Desa Mekarsari untuk menjadi Desa Tangguh Bencana, dengan kesiapan yang matang maka Muspika Rumpin, melaksanakan Launching Desa Tangguh Bencana (Destana). Sabtu, (13)3/21)

IMG 20210313 WA0033
Suasana Pada Saat Muspika Rumpin Mengukuhkan Destana

Desa Tangguh Bencana ini merupakan Desa atau Kelurahan yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana. Menjadi Desa Tangguh Bencana memerlukan proses, untuk itulah peran masyarakat sangat membantu terbentuknya Destana. Kekompakan dan peran masyarakat paling utama sehingga mampu mengkaji, menganalisa, menangani, memantau, mengevaluasi dan mengurangi resiko-resiko bencana yang ada di Desa. “Ucap Dr. Rusliandy, Camat Rumpin.

https://penanews.net/berita/10625/puisi-demokrasi-sang-pengacara/

“selanjutnya Camat Rumpin menjelaskan apa itu Relawan Destana, Relawan Desa Tangguh Bencana ialah garda terdepan dalam penangan atau evakuasi di wilayah Desa, sebagai Contoh, terjadi bencana di salah satu RW terjadi bencana maka relawan-relawan yang ada di RW lainnya jangan diam saja, tapi semuanya harus hadir bahu membahu membantu mengevakuasi korban dan yang lainnya. Tidak menutup kemungkinan pihak kecamatan akan meminta bantuan bilamana terjadi bencana di desa lain. “Pungkasnya

IMG 20210313 WA0032

Di tempat yang sama Kompol Dali Saputra Kapolsek Rumpin, memaparkan, perlu di ingat dan di pahami, kalau terjadi bencana sekarang – sekarang ini di masa Pandemi Covid-19, maka bantuan-bantuan yang bersumber dari para donatur tidak boleh langsung di berikan ke pihak Korban, semuanya harus di tampung di posko Destana, dan nantinya relawan-relawan Destana yang menyalurkan, hal ini tentu saja menjadi prioritas dan harus di jalani di masa Pandemi Covid-19,” Paparnya

https://penanews.net/berita/10608/uji-coba-pembelajaran-tatap-muka-terbatas-dimulai-10-maret-2021/

“Allhamdulillah pada hari Relawan-relawan Desa Tangguh Bencana Desa Mekarsari telah di kukuhkan, semoga kedepannya para relawan ini bisa bersinergi membantu pemerintah Kecamatan Rumpin dan Desa-Desa se-Kecamatan Rumpin. “Kebanggan bagi saya selaku kepala Desa Mekarsari di tunjuk menjadi Desa Tangguh Bencan,”Ucap Hendrik Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *