ODGJ Sempat Ngamuk, Akhirnya Di Evakuasi Ke RS. MM

ODGJ SEMPAT NGAMUK, AKHIRNYA DI EVAKUASI KE RS. MM

IMG 20201216 WA0055

Penulis : Fahri
Editor    : Boim

Penanews.my.id-Bogor, 16/12/2020, Jawa Barat. Seorang lelaki inisial AR, warga Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin yang diduga mengalami gangguan jiwa, mengamuk dengan melempari setiap orang yang ditemuinya. Warga desa yang merasa ketakutan, akhirnya menghubungi pihak desa, yang selanjutnya menyampaikan informasi tersebut kepada pihak Puskesmas Cicangkal dan petugas sosial masyarakat.

Setelah melakukan pengejaran dan pengamanan pria ODGJ tersebut, akhirnya petugas dari staf Desa Mekarsari dan PSM pendamping disabilitas, membawa ODGJ ke Puskesmas Cicangkal. “Awalnya kami menerima laporan dari warga dan Kepala Desa Mrkarsari terkait adanya seorang pria mengalami sakit gangguan jiwa dan meresahkan warga karena sering ngamuk serta melempari warga dengan batu,” ungkap Nurbaini Firdaus, PSM Pendamping Disabilitas Mental mitra kerja Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga : https://penanews.my.id/berita/2518/dlh-hanya-sanggup-tangani-sepertiga-sampah-produksi-sampah-kabupaten-bogor-capai-2-800-ton-per-hari/

Wanita yang akrab disapa Bude ini mengatakan, selanjutnya pria ODGJ akan di rujuk untuk dievakuasi ke Rumah Sakit Marjuki Mahdi (RSMM) Bogor. Namun sesuai SOP yang ada, ODGJ tersebut harus menjalani rapid tes di Puskesmas Cicangkal.
“Awalnya RSMM Bogor menolak karena bersama akan ada 25 orang ODGJ dari wilayah lain. Namun
karena ini sifatnya urgent, sehingga pihak RSMM Bogor menerimanya,” ungkap Bude.

Sementara Kepala Tata Usaha Puskesmas Cicangkal, Umar Mahdi menuturkan, hasil rapid tes pria ODGJ tersebut adalah non reaktif. Umar juga mengungkapkan, saat hendak dilakukan rapid tes, ODGJ sempat mengamuk karena takut jarum suntik. “Sesuai perintah dari dokter di Puskesmas Cicangkal ini, akhirnya ODGJ diberikan obat penenang.” Pungkasnya.

IMG 20201216 WA0054

~ Seorang pria ODGJ yang mengamuk dan meresahkan warga, akhirnya di evakuasi ke RSMM Bogor. Sebelum proses evakuasi, pria ODGJ ini telah menjalani rapid tes di puskesmas Cicangkal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *