Pangkoopsudnas Dampingi Kasau Hadiri Pemberangkatan Bantuan Kemanusiaan untuk Afghanistan dan Papua Nugini

Boim

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas), Marsekal Madya TNI Ir. Tedin Rizalihadi S., M.M., mendampingi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dalam acara pemberangkatan bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan dan Papua Nugini. Acara tersebut berlangsung di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Senin, 8 Juli 2024.

Pengiriman bantuan kemanusiaan ini dilakukan sebagai respons cepat dari Pemerintah Republik Indonesia terhadap bencana alam yang melanda kedua negara tersebut. Papua Nugini mengalami tanah longsor besar, sementara Afghanistan diguncang gempa bumi hebat, keduanya mengakibatkan korban jiwa puluhan orang serta kerusakan yang signifikan.

Bantuan yang dikirimkan berupa berbagai macam logistik seperti obat-obatan, makanan siap saji, air mineral, selimut, dan perlengkapan kebersihan lainnya. Presiden RI, Ir. Joko Widodo, secara resmi melepas pengiriman bantuan ini dalam upacara yang dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pengiriman bantuan ini adalah wujud solidaritas dan kepedulian Indonesia terhadap negara-negara yang mengalami bencana. “Kita semua merasakan duka yang mendalam atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Afghanistan dan Papua Nugini. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban mereka,” ujar Presiden.

Total bantuan yang dikirimkan mencapai nilai 35,5 miliar rupiah lebih. Bantuan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan darurat para korban bencana dan membantu proses pemulihan di kedua negara tersebut.

Marsdya TNI Ir. Tedin Rizalihadi S., M.M., menambahkan bahwa pengiriman bantuan ini juga merupakan bagian dari diplomasi kemanusiaan Indonesia. “TNI AU siap mendukung pengiriman bantuan ini dengan mengerahkan pesawat dan personel terbaiknya. Kita semua berharap bantuan ini dapat segera tiba dan bermanfaat bagi para korban,” katanya.

Kasau, dalam kesempatan yang sama, menegaskan bahwa TNI AU akan terus siap siaga dalam membantu penanganan bencana, baik di dalam maupun luar negeri. “Kita memiliki komitmen kuat untuk selalu hadir dalam setiap situasi darurat, menunjukkan bahwa Indonesia siap memberikan bantuan kapan pun dibutuhkan,” tegasnya.

 

IMG 20240709 WA0208

Pengiriman bantuan ini melibatkan beberapa pesawat angkut milik TNI AU yang dirancang khusus untuk misi kemanusiaan. Tim bantuan yang terdiri dari tenaga medis, relawan, dan personel TNI AU juga turut diberangkatkan untuk memastikan bantuan diterima dan didistribusikan dengan baik.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Afghanistan dan Papua Nugini semakin erat, serta mampu menunjukkan peran aktif Indonesia dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan internasional.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *