Pelestarian Budaya Lokal Membawa Berkah Tersendiri

Pewarta: Daniel/ Red05

Kabupaten Semarang penanews.netJawa Tengah. Dalam tradisi lokal tahunan Desa Nyemoh tepatnya di Balai Desa Nyemoh Barat, Nyemoh, Kec. Bringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50772 gelar beberapa pentas seni diantaranya Kirab Merti Deso yang berarti bersih desa, reog, Orkes Melayu dan pagelaran Ringgit Purwo atau Wayang Kulit, Kamis (22/6).

Dalam kegiatan desa tersebut didukung fari beberapa dusun, pihak panitia menyebutkan kegiatan tersebut selalu diadakan sekali tiap tahun sebagai ucapan syukur kita kepada Allah, buat desa kami hukumnya wajib kegiatan tersebut biar selalu desa terselamatkan dari segala marabahaya, ucapĀ  bp Agus Tri S.

Pembukaan acara tersebut diawali kirab terdiri dari beberapa seni budaya yang disuguhkan dari tingkat dusun, bentuk keikutsertaan kiprah sebagai warga desa Nyemoh adapun beberapa tingkat kesenian lokal seperti lampion, tarian dan anjungan terbuat dari berbagai sayuran hasil kebun desa.

Dalam kegiataan tersebut banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai warga lokal maupun luar daerah untuk mengais rejeki melalui menjajakan dagangan memalui menjual makanan, mainan anaj, maupun busana.

Dalam kegiatan Merti Deso tersebut untuk sumber dana di dapat dari uang donatur warga tiap dusun yang ikut menyengkuyung kegiat Merti Deso tersebut, ucap sesepuh desa nyemoh mbh Harjo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *