Pemimpin Oh Pemimpin

Oleh: Marra Narayan


Apa yang membuat seseorang terpilih menjadi seorang yang fotonya diperlihatkan dengan jelas di depan kelas? Seorang yang terpilih untuk menguasai suatu wilayah dan melakukan apapun yang diinginkannya selama dirinya beserta peliharaanya mendapat keuntungan meskipun harus mengorbankan yang tak bersalah.

Ketika suatu kelompok mengalami kekalahan, apakah sang pemimpin yang sebenarnya salah karena gagal memegang kendali ataukah salah mereka yang memutuskan untuk mengikuti meskipun menyadari ada yang salah dari kepemimpinannya? Entahlah keduanya sama saja, lagipula yang memutuskan seseorang menjadi pemimpin adalah mereka yang mengikuti bukan? Mereka yang mewakili hanyalah gambaran seperti apa sosok asli para pengikutnya.

Ada yang tidak suka? Pasti banyak. Sayangnya ketika yang mendominasi adalah kumpulan tak berisi, maka kemungkinan terpilihnya mereka yang tak berisi lebih besar daripada mereka yang berisi, apalagi kalau dihitungnya melalui suara terbanyak seperti yang biasa dilakukan.Tidak sabar rasanya menunggu datangnya kehancuran dan menertawakan tingkah mereka yang panik dari kejauhan. Salah sendiri, setiap hal yang dipilih selalu memiliki resikonya tersendiri kan?

Diriku mungkin terkesan seperti seorang yang selalu berkomentar tanpa memberi solusi, tapi dirikulah yang menentukan apa yang ingin dan akan kulakukan. Anda ingin mengikuti atau tidak itu pilihanmu, ku tidak akan memaksa kalian. Diriku berdiri atas keinginan sendiri, tidak ditentukan oleh pilihan orang lain. Dirikulah sang presiden di sini, bukan dirimu.

Diam dan dengarkanlah, mungkin kalian hanya khawatir dengan apa yang akan kulakukan, tetapi diriku sudah siap menerima segala yang dihasilkan oleh setiap kesalahan dan keberhasilan yang kuperbuat. Janganlah kalian merendahkan kemampuan satu orang hanya karena tidak memiliki ribuan pengikut. Menang jumlah tidak akan berarti jika yang didapat hanyalah kekalahan mutlak dari mereka yang sedikit. Lelah rasanya diriku jika harus meladeni setiap perkataan yang kau keluarkan hanya untuk membuatku mengikuti kemauanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *