Presiden Jokowi Melarang Anggota Polri Gagah-gagahan Dan Hidup Mewah

Subang. penanews.net _ Jawa Barat. Instruksi Presiden RI Joko Widodo, yang melarang tegas anggota Polri Gagah-gagahan atau bergaya hidup mewah, selama ini sudah diterapkan oleh Kapolres Subang AKBP Sumarni.

Kapolres Subang AKBP Sumarni, selama ini dikenal masyarakat, sebagai polisi yang selalu hidup sederhana bahkan dirinya selalu membantu masyarakat kurang mampu dengan membagi-bagikan sembako serta membangunkan puluhan rumah warga yang tinggal di rutilahu.

Bahkan di Rumah Dinasnya, Kapolres Subang sering mengundang para ulama dan anak yatim serta santri ponpes untuk menggelar pengajian dan yasinan di rumah dinasnya.

Hari ini, Senin(17/10/2022) di sela-sela menghadiri pengukuhan Panitia Panitia Daerah Porprov Jabar ke XIV di Halaman Kantor Bupati Subang, Kapolres Subang AKBP Sumarni datang menggunakan sepeda dari dari Rumah Dinas.

Setelah pengukuhan Sumarni, langsung melaksanakan sarapan pagi di sebuah warung Timbel mang Darsim di belakang Kantor DPRD Subang.

Sumarni terlihat begitu menikmati makan nasi timbel, bahkan beliau membuat sambel sendiri yakni sambal Dabo-dabo sambel khas Manado yang merupakan sambel kesukaannya dari kecil.

Setelah makan nasi timbel, Sumarni langsung bertugas ke Mapolres Subang dengan mengayuh sepeda bersama ajudannya.

Menurut AKBP Sumarni, apa yang dilakukannya ini bukan karena pencitraan atau motif lain. Tapi, dengan menggunakan sepeda karena memang ingin tampil apa adanya hingga bisa menikmati suasana di wilayah Kabupaten Subang.

Banyak hal yang diperoleh dari kehidupan sederhana yang dilakukannya, dengan naik sepeda, AKBP Sumarni juga ingin mengajarkan kepada masyarakat, bahwa dengan naik sepeda bisa membuat badan menjadi sehat.

“Saya tampil apa adanya, bukan pencitraan lho, saya memang senang mengendarai sepeda,” katanya.

Tidak hanya memakai sepeda, bahkan AKBP Sumarni juga tidak malu-malu untuk makan di tempat sederhana.

“Bagi saya, hidup tidak perlu ada yang disombongkan. Hidup sederhana itu jauh lebih baik ketimbang hidup bermewah-mewah ditengah banyak warga yang sedang kesusahan pasca pandemi ini,”ungkapnya

Sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo, saya juga memerintahkan kepada seluruh anggota di Jajaran Polres Subang, untuk memberikan contoh pola hidup sederhana kepada masyarakat dan jangan tampil gagah-gagahan.

” Mari kita sama-sama biasakan hidup sederhana, sesuai perintah presiden RI Pak Jokowi,” ucapnya

Seperti diketahui bersama, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat(14/10/2022) mengumpulkan Kapolres dan Kapolda seluruh Indonesia di Istana Negara dan meminta para pejabat kepolisian untuk memperhatikan gaya hidup mereka yang berpotensi menimbulkan kecemburuan sosial di tengah situasi sulit yang dirasakan hampir semua elemen masyarakat.

Menurut Presiden Jokowi, kecemburuan sosial akibat gaya hidup mewah para pejabat kepolisian sangat berpotensi menimbulkan letupan sosial di tengah masyarakat.

Presiden juga menegaskan bahwa gaya hidup mewah adalah kebiasaan yang sebaiknya ditinggalkan sebagai masa lalu saja oleh para pejabat kepolisian. Pasalnya, mereka tidak lagi bisa menyembunyikan gaya hidup mewah itu dengan keberadaan media sosial yang membuat rakyat leluasa memantau perilaku keseharian para pejabat kepolisian.

IMG 20221017 WA0074

Presiden mengingatkan, bahwa polisi adalah aparat penegak hukum yang paling dekat dan paling sering berinteraksi dengan rakyat, sehingga para personel Polri harus selalu diingatkan untuk menjunjung tinggi pelayanan masyarakat.

 

Indri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *