Reuni Alumni IPB, Berbagi Kepedulian Sosial Bersama Masyarakat

Jurnalis : Aji Hermawansyah

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Guru Kejuruan Pertanian (IKA PGKP) IPB menyelenggarakan khitanan massal gratis kepada 50 anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. di wilayah kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor pada Kamis (1/6). Kegiatan yang bertempat di kampus Politeknik Digital Boash Indonesia (PDBI) ini, merupakan acara Reuni dan Musyawarah Nasional (Munas) IKA PGKP IPB, angkatan ke-1 sampai angkatan ke-13. Adapun reuni dan Munas sendiri, in syaa Allah akan digelar pada 24 Juni 2023 di Boash Convention Center, PDBI. Pra Reuni, yang diisi juga dengan penanaman pohon langka di lahan calon pondok pesantren, diadakan bekerjasama dengan Yayasan Ashokal Hajar pimpinan Muztahidin Al Ayubi.

Pada sambutan pembukaan, Muztahidin yang juga merupakan alumni PGKP IPB, mengatakan kegiatan sunatan massal tersebut bertujuan untuk mengurangi beban ekonomi kaum muslimin yang dhuafa dan muallaf mengingat untuk sunnat juga membutuhkan biaya. “Juga dalam rangka meningkatkan kesehatan anak dan sebagai upaya menjaga kesehatan reproduksi anak”, imbuhnya.

Pada sambutan lainnya, Tony Hartus, sekretaris pengurus IKA PGKP, menyampaikan bahwa khitanan massal ini untuk kali pertamanya diadakan. “Ini bagian dari kepedulian sosial kami, para alumni”, ujar pria berkacamata ini.

Kepada anak-anak yang baru disunat diberikan bingkisan berupa makanan dan uang sebesar Rp. 500.000,-. “Ini untuk memperkokoh persaudaraan sesama muslimin melalui kepedulian dokter dalam pengabdiannya kepada masyarakat”, ujar Engkus Setiawan ketua panitia kegiatan.

IMG 20230603 WA0055

Sementara itu salah satu orang tua anak yang disunat, Rizky mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kegiatan tersebut karena sangat membantu meringankan beban. “Kami ucapkan terima kasih banyak kepada panitia sunatan gratis ini. Bagi kami ini sesuatu yang sangat membantu. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya sehingga akan bertambah banyak lagi keluarga yang dapat dibantu,” pungkas Rizky.

Kepala Desa Semplak Barat, H. Abd. Rahman saat mendampingi langsung peserta khitanan menyampaikan terima kasih kepada H. Muztahidin Al Ayubi dan panitia Reuni IKA PGKP IPB yang telah memberikan kesempatan kepada masyarakat desa Semplak Barat untuk mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. “Alhamdulillah peserta nya mencapai 19 anak dari Desa Semplak Barat,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *