Sebanyak 17 ODGJ Di Rumpin Kembali Kekeluarganya Masing-masing, Pasca Dirawat Di RSMM

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Sebanyak 17 Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sebelumnya di rawat di Rumah Sakit Marjuki Mahdi (RSMM) Bogor, diserahkan atau dikembalikan kepada pemerintahan Kecamatan Rumpin untuk dikembalikan kepada keluarganya masing-masing. Senin (19/12/2022).

Kedatangan 17 ODGJ yang diserahkan pihak Rumah Sakit Marjuki Mahdi (RSMM) disambut sangat baik oleh Pihak Kecamatan Rumpin, Pendamping ODGJ, PSL, Tim Pukesmas se-kecamatan Rumpin, Koramil, Polsek serta perwakilan dari Pemerintahan Desa.

Stigma Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sebagai anggota masyarakat tidak berguna dan menjadi ancaman bagi masyarakat serta menganggu keamanan lingkungan tampaknya tidak berlaku bagi masyarakat Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Jawa Barat. Hal tersebut dibuktikan dengan kegembiraan serta antusiasnya masyarakat yang ikut serta dalam menyambut kepulangan para ODGJ di Aula kantor Kecamatan Rumpin.

Pendamping ODGJ wilayah Kecamatan Rumpin Nurbaeni atau biasa disapa Bude menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Rumah Sakit Marjuki Mahdi (RSMM) Bogor yang telah merawat para ODGJ, dan saat ini pihak RSMM telah menyerahkan kembali para ODGJ kepada Kecamatan Rumpin untuk dikembalikan kepada keluarganya masing-masing.

Masih kata Bude, salah satu ODGJ yang sudah dikembalikan Kekeluarganya berinisial LH warga Desa Kampung Sawah kondisinya sangat jauh dari sebelumnya, LH sudah mulai mengingat nama sendiri, nama orang tuanya dan nama-nama saudaranya serta alamat rumahnya. “Ujarnya

Salah satu ODGJ yang sudah dikembalikan Kekeluarganya berinisial LH warga Desa Kampung Sawah kondisinya sangat jauh dari sebelumnya, LH sudah mulai mengingat nama sendiri, nama orang tuanya dan nama-nama saudaranya serta alamat rumahnya. begitu yang lainnya sudah sangat membaik.

IMG 20221220 061533
Ket. Foto : Nurbani Firdaus (Bude) pada saat memberikan obat kepada 17 ODGJ Pasca dirawat di Rumah Sakit Marjuki Mahdi.

Masih kata Bude, motivasi saya yang utama ialah mengedukasi serta menghilangkan stigma dan juga diskriminasi terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Mari kita rangkul mereka beri mereka tempat layaknya orang tanpa ada gangguan kejiwaan dengan kata lain memanusiakan manusia. “Saya akan selalu siap siaga membantu serta mengevakuasi ODGJ ke Rumah Sakit agar mendapatkan pengobatan,” tutup Bude

Sementara itu Intan selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) mengatakan, pertama saya mengucapkan terimakasih serta bangga terhadap kinerja Bude yang tiada hentinya membantu serta mengobati ODGJ, dengan tujuan Kecamatan Rumpin bebas dari pemasungan dan penelantaran ODGJ.

Selanjutnya, dari peran serta pemerintah baik tingkat Desa dan Kecamatan serta Kabupaten terutama pihak Rumah Sakit Marjuki Mahdi, dari peren serta merekalah 17 ODGJ warga kecamatan Rumpin hari ini sudah bisa kembali lagi Kekeluarganya. Kepada pihak keluarga agar merawat mereka dengan penuh kasih sayang, berikan obat dengan teratur, agar mereka sembuh total. “Ungkapnya

 

 

Boim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *