Seherman OKI Ketua Katar Kecamatan Tenjo dan Irfan Darajat Ketua Katar Kabupaten Bogor: “Perayaan Tahun Baru Islam 2023: Merayakan Awal Tahun Islam 1 Muharam dan Maknanya”

Galih / Asriyati

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Pada tanggal 19 Juli 2023, umat Muslim di seluruh dunia merayakan Tahun Baru Islam, yang jatuh pada tanggal 1 Muharam dalam kalender Hijriyah. Suherman Oki, Ketua Karang Taruna (Katar) Kecamatan Tenjo, dan Kang Irfan Darajat, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor, mengucapkan selamat tahun baru Islam 11 Muharam 1445H kepada seluruh umat Muslim.

Tahun Baru Islam ini merupakan hari pertama dalam kalender Islam yang berbasis pada pergerakan bulan. Kalender Hijriyah memiliki 12 bulan yang masing-masing terdiri dari 28 atau 31 hari. Untuk menyambut pergantian tahun Islam ini, umat Muslim di berbagai wilayah melakukan berbagai kegiatan keagamaan seperti pembacaan ayat suci Al-Quran, pawai obor, dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

Perayaan Tahun Baru Islam jatuh pada tanggal 1 Muharam, yang merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Tahun ini, Tahun Baru Islam jatuh pada tanggal 19 Juli 2023, dengan penanggalan 1 Muharam 1445H.

Perayaan Tahun Baru Islam memiliki makna yang penting dalam sejarah Islam. Pada tahun 622 Masehi, Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya hijrah dari Makkah ke Madinah, yang dianggap sebagai awal dari perkembangan Islam sebagai agama dan peradaban. Oleh karena itu, perayaan Tahun Baru Islam menjadi momen penting bagi umat Muslim untuk merenungkan perjalanan agama Islam dan meningkatkan ketakwaan dan keimanan.

Selain Tahun Baru Islam, Karang Taruna Kecamatan Tenjo yang dipimpin oleh Suherman Oki juga mengucapkan selamat hari besar Islam 1445H atau 1 Muharam kepada seluruh masyarakat. Mereka mengajak semua pihak untuk menjalin kebersamaan dan silaturahmi yang baik dalam menjalankan ajaran Islam.

Suherman Oki Ketua Karang Taruna Kecamatan Tenjo menyampaikan, tahun Baru Islam juga menjadi momentum bagi umat Muslim untuk menetapkan tujuan dan mengintrospeksi diri. Dalam pergantian tahun ini, umat Muslim diharapkan dapat menjadikan tahun baru sebagai awal yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup, menjaga keutuhan keluarga, dan berbuat kebaikan bagi sesama.

Selain itu, Tahun Baru Islam juga menjadi momen untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT. Umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan meningkatkan pemahaman terhadap ajaran agama Islam.

Dalam menyambut Tahun Baru Islam, umat Muslim juga dianjurkan untuk saling memaafkan dan memperkuat silaturahmi. Momen ini dapat digunakan untuk memperbaiki hubungan yang rusak, memperkuat persaudaraan, dan mempererat tali persatuan dan kesatuan umat Muslim di seluruh dunia. “Pungkas Oki

Sementara itu Irfan Darajat Ketua Krang Taruna Kabupaten Bogor mengungkapkan, bahwasanya kegiatan keagamaan yang dilakukan saat Tahun Baru Islam juga menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman terhadap ajaran Islam. Pembacaan ayat suci Al-Quran, pawai obor, dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya dapat menjadi wahana untuk memperkuat kecintaan umat Muslim terhadap agama dan meningkatkan pengetahuan keislaman.

Selanjutnya, dalam merayakan Tahun Baru Islam, umat Muslim juga dianjurkan untuk bersedekah dan berbuat kebaikan kepada sesama. Tahun baru menjadi waktu yang tepat untuk membantu mereka yang membutuhkan, memberikan sumbangan maupun waktu secara sukarela, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

Selain itu, Tahun Baru Islam juga menjadi momentum untuk menjadikan tahun berikutnya lebih baik lagi. Umat Muslim diharapkan dapat menjadikan pergantian tahun sebagai ajang untuk berkomitmen pada perbaikan diri, meningkatkan kualitas hidup, dan berupaya menggapai kesuksesan serta kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.

Dengan demikian, Tahun Baru Islam merupakan momen yang penting bagi umat Muslim. Selain sebagai perayaan keagamaan, Tahun Baru Islam juga menjadi ajang untuk introspeksi diri, memperkuat hubungan dengan Allah SWT dan sesama, serta meningkatkan pemahaman terhadap ajaran agama Islam. Semoga Tahun Baru Islam ini membawa berkah dan keberkahan bagi seluruh umat Muslim di dunia. Tutup Irfan Darajat

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *