Simak!!! Inilah Keutamaan di Hari Jum’at

penanews.net _ Hari Jum’at adalah hari yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam. Dalam agama Islam, Jum’at memiliki banyak keutamaan dan amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa keutamaan di hari Jum’at:

1. Hari paling utama dalam seminggu

Dalam Islam, Jum’at merupakan hari paling utama dalam seminggu. Rasulullah SAW bersabda, “hari paling utama di antara kalian adalah hari Jum’at.” Proses penulisan atau pengarang “{{Citation needed|date=May 2021}}” Pada hari Jum’at, terdapat beberapa keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Muslim. Oleh karena itu, para muslimin diajarkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan mulia di hari ini.

2. Ketika doa tidak ditolak

Salah satu keutamaan di hari Jum’at adalah ketika kita berdoa, doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT akan memiliki peluang tiga kali lebih besar untuk dikabulkan. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, “itu salah satu waktu yang paling mustajab untuk membuat doa”.

3. Kesempatan mendapatkan pahala besar

Dalam hadisnya, Rasulullah SAW berkata, “Siapa yang pergi ke masjid pada hari Jum’at, membersihkan dirinya dengan mandi sebelum pergi ke masjid, menggunakan minyak wangi jika ada, mempekerjakan kendaraannya jika bisa, kemudian duduk dengan tenang dan tidak mengganggu orang lain, mendengarkan khutbah secara baik dan diam, maka dosa-dosanya antara hari Jum’at itu dan minggu berikutnya akan diampuni, ditambah dengan tiga hari lebih.” Dari hadis ini dapat diambil kesimpulan bahwa mendatangi masjid ketika hari Jum’at merupakan kesempatan untuk memohon ampunan dan mendapatkan pahala besar dari Allah SWT.

4. Waktu istimewa untuk diberkahi

Di hari Jum’at, Allah SWT menurunkan berkah dan rahmat-Nya kepada seluruh umat Muslim. Dalam hadisnya, Rasulullah SAW bersabda, “Hari Jum’at adalah hari yang diberkahi. Allah SWT akan merahmati orang yang mengagungkannya dan memberikan kebaikan pada hari ini.” Dengan demikian, Jum’at merupakan waktu yang paling istimewa untuk menerima berkah dari Allah SWT.

5. Kesempatan untuk mendengarkan khutbah

Di hari Jum’at, setiap Muslim diwajibkan untuk menghadiri shalat Jum’at dan mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh imam. Khutbah Jum’at memiliki tujuan untuk memberikan nasihat, petunjuk, dan pengingat tentang nilai-nilai agama kepada jamaah. Melalui khutbah ini, umat Muslim diberikan kesempatan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang agama dan meningkatkan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT.

Demikianlah beberapa keutamaan di hari Jum’at dalam agama Islam. Umat Muslim dianjurkan untuk memanfaatkan hari yang penuh berkah ini dengan melaksanakan ibadah, berdoa, mendengarkan khutbah, serta berusaha untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka. Semoga dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut, umat Muslim dapat memperoleh keberkahan dan menjalani kehidupan yang lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *