SPRI Jateng Segera Adakan SKW Berlisensi BNSP

Semarang penanews.netJawa Tengah. Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD SPRI) Jateng segera menggelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) berbasis BNSP pada tanggal 1-2 Oktober 2022 bertempat di Hotel Citra Dewi Bandungan.

Hal ini disampaikan dalam agenda pada rapat kerja pengurus SPRI Jateng di RM Sako Pakuwon, jalan Singosari Kota Semarang, Sabtu (13/8).

Ketua SPRI Jateng, Sriyanto Ahmad,S.Pd.MH(Med) kepada awak media menuturkan
SPRI Jateng dalam waktu dekat akan mengadakan SKW berbasis BNSP bertempat di Hotel Citra Dewi Bandungan Kabupaten Semarang 1 – 2 Oktober 2022. Ada beberapa pertanyaan dari calon peserta SKW yang menanyakan pada kami sertifikat SKW yang berlinsensi BNSP masa berlakunya tiga tahun,” ucapnya

Karena kompetensinya sudah mengacu nasional otomatis layaknya seperti profesi yang lain seperti profesi guru, dokter, insinyur, jasa konstruksi ada masa berlakunya. Apakah seseorang masih profesi itu apa tidak. Umpamanya seseorang sudah jadi wartawan ternyata dalam waktu tiga tahun sudah tidak jadi wartawan atau profesi yang lain yang berkaitan dengan sertifikasi BNSP berarti dia tidak memperpanjang,” papar Sriyanto.

Dalam penyelenggaraan SKW nantinya yang akan dibagi dalam tiga kategori yaitu wartawan muda reporter,wartawan muda kameramen, lalu wartawan madya serta wartawan utama.

Sampai saat ini calon peserta SKW yang sudah mendaftar pada panitia sementara baru 25 calon peserta.

” Pihak kami akan memberikan kesempatan bagi calon peserta SKW, nantinya akan kami infokan lebih lanjut melalui beberapa grup wa wartawan sekaligus besaran biaya masing masing kategori yang dipilihnya,” ujarnya.

Sementara Sekretaris SPRI Jateng Sapta Wibawa menambahkan terkait syarat calon peserta SKW udah dipersiapkan termasuk petunjuk teknisnya.

” Untuk asesor atau penguji kita siapkan dua orang dari Jakarta. Kalau pesertanya nantinya melebihi kuota maka pihak kami akan membagi sesi dalam pelaksanaan SKW nantinya.

Kami berharap dengan segera dilaksanakan SKW berbasis BNSP pada awal oktober 2022 animo calon peserta SKW dari teman teman wartawan yang mengikuti SKW memenuhi target syukur syukur calon.pesertanya melebihi target,” pungkas Sapta.

 

Pewarta: Tim/ Red05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *