Sujud Syukur Keluarga Ipah Janda 5 Anak Dapat Hadiah Di HUT Bhayangkara ke 77, Kini Tak Lagi Tinggal Digubuk Reyot

Indriani

Subang. Penanews.net _ Jawa Barat Tangis haru dan sujud syukur warnai penyerahan rumah dari Kapolres Subang AKBP Sumarni kepada Ibu Ipah(50). Janda dengan 5 anak Warga Kp. Cipaku RT.26/07 Desa Cibogo Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang, tersebut terharu melihat rumahnya sudah megah dan permanen.

Rumah janda yang memiliki 5 anak yang semuanya putus sekolah tersebut, sebelumnya merupakan gubuk reyot berbahan bilik bambu yang dihuni 6 orang, dengan kondisi memperihatinkan dikala hujan rumah tersebut bocor dan becek, serta semua bahan materialnya juga sudah rapuh.

Rumah dengan kondisi reyot tersebut, berhasil dibedah oleh Kapolres Subang AKBP Sumarni, Kepala BPN Subang dan Dandim, PT.Wijaya Instan Nuryasa dan PT.Eco Paper Indonesia serta Kementerian Sosial.

Kapolres Subang, AKBP Sumarni mengatakan bedah rutilahu ini berawal dari laporan warga terkait adanya rumah warga berstatus janda 5 anak tinggal dirumah tak layak huni yang hampir roboh.

” Kami jajaran Polres Subang menggandeng BPN, Kodim serta pihak swasta merespon cepat tentang adanya informasi kondisi rumah janda beranak 5 yang memperihatinkan tersebut. Alhamdulillah hanya dalam waktu seminggu rumah Bu Ipah berhasil kita bedah dari kondisi gubuk yang mau roboh menjadi rumah semi permanen,” kata Kapolres Subang AKBP Sumarni, disela-sela menyerahkan kunci rumah Ipah yang baru selesai direhab total, Rabu(28/6/2023)

Kapolres Subang menambahkan kegiatan sosial ini sebagai wujud dukungan kepada pemerintah dalam pengentasan kemiskinan masyarakat.

“Kegiatan ini selain sebagai wujud kepedulian Polres Subang untuk lebih dekat dengan masyarakat juga merupakan salah satu wujud dukungan untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan khususnya di Kabupaten Subang,” katanya.

“Kegiatan sosial ini juga diselenggarakan dalam rangka dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023,” imbuhnya

Lebih lanjut AKBP Sumarni, mengatakan selain penyerahan kunci rumah juga hari ini ada hadir kepala ATR BPN Subang yang secara langsung menyerahkan sertifikat tanah atas rumah yang dibangun ini kepada Ibu ipah.

“Alhamdulillah luar biasa dengan secara bersama kerjasama semua unsur bisa mewujudkan harapan masyarakat Kabupaten Subang Khususnya ibu ipah sekarang,” ujarnya

Selain menempati rumah baru permanen yang cukup megah dengan 3 kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Rumah baru janda anak 5 tersebut juga sudah dilengkapi dengan perlengkapan rumah tangga yang serba baru.

” Alhamdulillah, perlengkapan rumah seperti kasur, lemari dan kursi serta perlengkapan dapur seperti rice cooker, kompor gas, gas melon, serta rak piring juga di Sumbang dari Jajaran Polres Subang dan Kemensos RI,” ungkapnya

Sementara itu, Ipah beserta 5 anaknya serasa tak percaya melihat rumahnya dalam seminggu sudah berubah total dari gubuk menjadi rumah permanen.

” Serasa mimpi rumah saya dari gubuk reyot berbahan kayu dan bilik bambu yang sudah keropos dan mau roboh, berhasil di sulap dalam waktu seminggu menjadi rumah permanen,” ucapnya

Sebelumnya Ipah mengaku tinggal di rumah yang hampir roboh tersebut selalu kedinginan, dan disaat hujan hampir 75 persen gentengnya bocor.

” Saya dan kelima anak selama ini hanya tidur beralaskan tikar di tanah secara bersama-sama, setiap malam selalu kedinginan dan digigit nyamuk,” ucapnya

Sambil menangis bahagia memeluk Kapolres Subang, dan kelima anaknya melakukan sujud syukur, Ibu ipah mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Subang dan jajaran yang telah merenovasi rumah miliknya.

IMG 20230628 121428 384

“Terima kasih kepada ibu Kapolres, Bapak Kapolsek Cibogo dan seluruh jajarannya yang telah membantu dan menyulap rumah saya dari gubuk menjadi permanen, dan nyaman ditempati tanpa takut roboh dan kehujanan,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *