Tidak Mau Ambil Resiko, Satgas Covid 19 Rumpin Tetap Lakukan Pengawasan Ketat Dan Langkah 3T


PN _ Bogor, Jawa Barat. Pasca laporan bahwa ada warga yg meninggal dunia pada 19 april 2021 lalu Di Desa Sukamulya, dan merupakan pemilik salah satu lembaga pendidikan keagamaan, jajaran Satgas penanganan covid 19 Kecamatan Rumpin tidak mau ambil resiko dan langsung melakukan pengawasan dan langkah 3 T.

Dokter Tatik Yuniarti selaku Kepala Puskesmas Cicangkal, segera mengambil angkah 3 T yaitu Testing (pemeriksaan), Tracing (pelacakan), dan Treatment (pengobatan).

“Ia langsung lakukan penelusuran. Keterangan keluarga bilang kalau almarhum sakit typhus, tetapi kami tetap mencari tahu. Dan ternyata ibu almathum juga dirawat di RS dan dipasang ventilator,” ungkap dokter Tqtik, sapaan akrabnya, Senin (26/4/2021).

Hasil tracing (penelusuran/pelacakan) dari tim Satgas Covid juga menemukan bahwa semasa hidup terhadap lmarhum sudah dilakukan rapid antigen dan hasilnya positif. Perkembangan terakhir, ibu Almarhum juga meninggal dunia.

Baca Juga :


“Karena itu, kami dari Puskesmas langsung berkoordinasi dengan Satgas covid tingkat kecamatan Rumoin dan desa Sukamulya turun tangan, untuk memantau jalannya pemakaman tersebut,” bebernya.

Tatik Yuniarti menambahkan, pengawasan dilakukan agar semua kegiatan dilakukan sesuai prokes, termasuk saat pelaksanaan pemakaman, takziah dan kegiatan lainnya. Memurutnya, hal tersebut untuk mitigasi serta mengantisipasi dan meminimalisir adanya potensi bahaya covid 19.

“Pada awalnya keluarga akan memggelar tahlilan, alhamdulillah atas masukan dari satgas covid, kegiatan tersebut tidak jadi dilaksanakan,” ujarnya.

Baca Juga :


Kepala Puskesmas Cicangkal menambahjan, prosesi pemakaman ayah almarhum juga disarankan untuk dilakukan oleh petugas Puskesmas baik merapihkan jelazah sampai pemakaman, tentu dengan menggunakan APD lengkap.

“Jumlah petugas juga dibatasi supaya dapat terawasi dan sebelum bekerja petugas harus melakukan pemeriksaan rapid antigen terlebih dahulu.” Pungkasnya.

IMG 20210426 WA0045

~ Puskesmas Cicangkal sebagai bagian satuan tugas percepatan penanganan Covid 19 Kecamatan Rumpin melakukan pengawasan ketat terhadap satu keluarga yang meninggal dunia.

Pewarta : Boim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *