TPP ASN Dan Alokasi Dana Desa 2023 Belum Cair, Perangkat Desa “Menderita”

Jurnalis : Boim / Fahri

Bogor. penanews.net _ Jawa Barat. Anggaran dana Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Alokasi Dana Desa (ADD) bagi aparatur pegawai desa di Kabupaten Bogor untuk tahun 2023 ini belum cair.

Keterlambatan pencairan anggaran ini membuat sejumlah ASN dan Pemerintah Desa (Pemdes) ‘berteriak’ karena sudah merasa kesulitan di tengah meningkat nya kebutuhan sehari-hari, terlebih saat ini adalah bulan suci dan akan lebaran.

“Iya TPP kami belum cair juga. Padahal uang tersebut sangatlah kami harapkan untuk mencukupi kebutuhan kami sehari – hari,” ungkap salah seorang ASN yang tinggal di wilayah Kecamatan Ciseeng.

Keluhan dan harapan yang sama juga disampaikan beberapa Kepala Desa (Kades) di wilayah tersebut. Pasalnya, hampir semua desa belum menerima ADD tahap kesatu di tahun 2023 ini.

“Iya ini sejarah, baru kali ini ADD sangat telat bahkan terlambat hingga hampir memasuki 4 bulan pertama tahun 2023,” ungkap Siti Aswat Narulita, Kepala Desa Kahuripan Kecamatan Ciseeng.

Ia mengatakan, biasanya ADD tahap pertama sudah cair di bulan Januari atau Februari di setiap tahun anggaran. Satu – satunya Kades gender di Kecamatan Ciseeng ini berharap agar ADD segera cair karena dibutuhkan perangkat desa.

“Hingga saat ini, semua perangkat desa menunggu pencairan ADD. Terlebih bulan suci Ramadhan mereka butuh tambahan biaya sehari – hari,” tegas Ita, sapaannya.

Kepala Desa Cibeuteung Udik, Bambang Indra Gunawan juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, pencairan ADD sangat ditunggu staf Pemdes, LPM, BPD, Kepala Dusun, Ketua RW hingga Ketua RT di desanya.

“Mereka selalu bertanya ke kades, kapan cair, kapan cair. Padahal hingga sekarang surat edaran untuk pengajuan pencairan dari DPMD juga belum ada.Sehungga kami pun belum bisa mengajukan usulan pencairan,” ungkap Bambang.

Dirinya bersama para Kades lain sering kali mempertanyakan hal serupa baik kepada Pemcam Ciseeng dan Pemkab Bogor, kapan pelaksanaan pencairan ADD tahun 2023 dilaksanakan.

“Jawabannya masih belum ada Perbup Bogor nya, masih menunggu dan selalu begitu. Kami berharap agar hal ini bisa segera diperhatikan dan bisa segera terealisasi. Karena menyangkut soal kebutuhan banyak orang,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *