Warjok, Bertahan di Era Pandemi

Penulis : PSO


penanews.net _ Jakarta. Bagi Ayung, generasi ke tiga dari warung pojok gang tiga, begitu publik menyebutnya, masa-masa pandemi ini memang paling memprihatinkan.

Betapa tidak, warung kopi dan kue pancong di bibir jalan raya Jatinegara Barat itu biasanya selalu buka sampai subuh. Tapi Itu dulu ketika jaman normal. Masa pra covid 19.

Tapi kini, kadang sore hari Ayung terpaksa sudah menutup warungnya. Karena sepi pembeli.

IMG 20210314 WA0040
Ayung, Pada Saat Membuat Kue Pancong

“Parah sekarang kang,” desis Ayung pada Penanews.net yang mampir ngopi.

“Sekarang asal bagaimana bisa dapat sedikit saja untuk makan hari-hari, sudah bagus, ” Tambah Ayung. Matanya sesekali menatap seliweran kendaraan di jalan raya.

Ayung adalah cucu dari kang Yoyon. Kakeknya pendiri warjok kue pancong pada 1970 an.

Dulu pada masa jayanya, warjok ini jadi tempat mangkal favorit anak-anak muda Kampung Pulo, Jatinegara Barat. Kawasan yang Ahok pernah sebut sebagai zona merah yang orangnya galak-galak. Dan Ahok sesumbar akan kerahkan tentara sewaktu penggusuran DAS Ciliwung Sepanjang Kampung Pulo, tempo hari.

Betul saja, sekitar empat ribu aparat gabungan bentrok melawan empat ratusan anak-anak muda militan Kampung Pulo beberapa tahun lalu.

IMG 20210314 WA0041
Ayung, Sibuk melayani pelanggan

Ayung, adalah salah seorang saksi waktu itu.

“Kadang saya tutup siang jam 3 sore. Sepi, ” Kata Ayung melanjutkan obrolan.

Dia berharap agar keadaan segera pulih. Tidak seperti sekarang dimana kadang ada razia masker, dan warungnya sepi pembeli.

Ayung mendambakan suasana “gayeng” seperti dulu. Ada anak muda kumpul ngopi. Bercengkrama sambil “ghibah” halal. Dan dagangan kue pancong dan kopi kopi nya laris.

IMG 20210314 WA0043

Mentari pagi masih bersinar dengan ramahnya. Ayung masih melayani pembeli dengan setia. Lamat-lamat terdengar suara Mansyur S, mendendangkan lagu “Penantian”, menemani insan insan yang suntuk dirajam pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *