Pangdam III/Siliwangi : Meninjau Pompa Hidram Inovasi SMK Santana di Wilayah Kodim 0611/Garut

Garut. penanews.net _ Jawa Barat. Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, di dampingi Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna,S. Sos.,S.I.P.,M.M. dan Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo S. Sos., meninjau inovasi yang dilakukan oleh Para pelajar Tekhnik SMK Santana, Cibatu, Garut. Senin, 17 Oktober 2022

Mereka para pelajar membuat satu inovasi dalam rangka mendukung program TNI dalam ketahanan pangan dengan membuat Pompa Hidram yang bertujuan untuk mengairi sawah ataupun Kebun Masyarakat setempat. Senin, 17 Oktober 2022

Para pelajar Tekhnik SMK Santana mengaku merasa bangga, karena bisa bekerja sama dengan TNI dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dengan membuat satu inovasi Pompa Hidram.

“Alhamdulillah kami bangga bisa bekerja sama dengan TNI, dan kedepannya semoga dapat menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat, “Ungkap Ramadan salah seorang pelajar Tekhnik SMK Santana.

Ramadan menyebut, Pengerjaan Pompa Air Hidram ini dikerjakan selama dua hari, dan tingkat kesulitan saat pembuatan yakni pada saat pengelasan.

“Dua hari pengerjaan Pompa Hidram, sulitnya pada saat pengelasan, dan ini ide bukan dari kita saja, Ya ide Pak TNI juga bisa jadi seperti ini,” Ujarnya.

Sementara Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, menuturkan, ini merupakan salah satu Program TNI dalam rangka mendukung ketahanan pangan, dengan memberdayakan potensi Sumber daya manusia di Wilayah.

“Seperti generasi muda ini, Kita dorong supaya mempunyai progres, hasilnya jadilah Pompa Hidram yang nantinya berfungsi untuk menampung air untuk pengairan sawah masyarakat ,”Tuturnya.

Menurutnya, setiap Wilayah harus mempunyai potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat dimanfaatkan, dan bagaimana potensi itu mempunyai kesempatan membangun Desanya sendiri, dan bagaimana menggiring cara berpikir generasi muda mempunyai progres.

“Kami TNI sifatnya hanya mengajak, juga mensupport, kalau kami harus berikan TOT, kita berikan, dan dalam hal ini tentunya atas kerjasama dengan Pemerintah Daerah,”Ujarnya.

Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berharap generasi muda ini dapat terus berinovasi menciptakan sesuatu yang tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya harap anak-anak ini nantinya dapat sertifikasi agar setelah lulus sekolah nanti mudah mencari lapangan pekerjaan, punya challenge, sehingga apa yang dimilikinya terus berkembang, ” Harapnya.

Di waktu yang sama, Bupati Garut Rudy Gunawan, menyampaikan apresiasinya atas Inovasi yang dilakukan Pelajar SMK Santana, Cibatu, ” ini sangat luar biasa, karena kita juga mempunyai target IP atau indeks pertanaman, dan untuk pengembangan dan penelitian ke SMK nanti kita berikan Rp.200 juta,”Ucapnya.

Inovasi Pompa Hidram yang dibuat oleh Para Pelajar Tekhnik SMK Santana ini Proto Type nya dibuat oleh Pangdam III/Siliwangi.

“Sangat sederhana, tapi sangat bermanfaat untuk Petani, Saya optimis indeks pertanaman kita naik dan produksi tanah meningkat,” Ujarnya

Rudy ingin mencoba inovasi Pompa Hidram ini yang agak besar untuk nanti dicoba di Wilayah Garut Selatan.

” Ya saya ingin nanti anak-anak SMK Santana ini buat yang agak besar untuk di Garut selatan, dan nanti diukur debit air nya berapa, tekhnokratiknya seperti apa, karena nanti kita akan ada kerjasama dengan Politeknik Bandung, nanti teknologinya dari Pak Pangdam ini, kami terima kasih dari TNI kongkrit sekali untuk masyarakat,” Pungkasnya.

IMG 20221017 WA0164

Untuk diketahui bersama bahwa Kunjungan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo di wilayah Kabupaten Garut adalah bagian dari kegiatan Touring dalam rangka Baksos di wilayah jajaran Kodam III/Siliwangi, yang salah satunya adalah meninjau Pompa Hidram hasil kerjasama TNI dengan anak anak tekhnik SMK Santana Cibatu.

 

Jurnalis : (Beni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *